Mohon tunggu...
muhamad ilham
muhamad ilham Mohon Tunggu... hidup itu bernapas

hidup bikin santai dan jangan lupa untuk sambat

Selanjutnya

Tutup

Media

Menyikapi Berita Hoaks

13 Januari 2021   11:45 Diperbarui: 13 Januari 2021   12:21 66 1 0 Mohon Tunggu...

Kata Hoax seringkali kita dengar bahkan temukan belakagan ini dibebagai media massa sepeti halnya melalui internet, televisi, bahkan dari media sosial lainnya. Kata Hoax ini berasal dari bahasa inggris yang artinya tipuan, menipu, berita bohong, dan berita palsu. Jadi Hoax merupakan sebuah pemberitaan palsu. Yakni sebuah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca dan pendengarnya supaya mempercayai berita tersebut. Peyebar berita hoax sebenarnya secara sadar melakukan suatu kebohongan dan menyebarkan informasi yang tidak benar. Tujuannya untuk menggiring opini dan kemudian membentuk persepsi terhadap suatu informasi tersebut.

Seiring bekembangnya zaman, informasi yang mengandung hoax juga semakin bekembang. Berbagai media online merajalela berita-berita palsu demi mendapatkan Klik yang dapat diuangkan. Salah satu ciri utama hoax adalah judulnya yang proaktif, membesar-besarkan kejadian tidak sesaui isi beritanya. Selain itu semua hoax sumbernya tidak jelas dan isinya pun terkesan mengada-ngada dan tidakjelas alurnya. Biasanya pelaku hoax meminta penerima untuk meyebarkannya dengan cara share to share. Kalimat yang sering digunaka adalah "sebarkan ke teman-teman anda sekarang juga".

Kasus penyebaran isu soax yang paling fatal biasanya berkaitan dengan masalah kesehatan. Saat ini banyak ditemukan berita-berita kesehatan seolah-olah merupakan informasi yang didapatkan dari seorang ahli kesehatan, misalnya dokter. Padahal, jika kita mencari nama dokter yang bersangkutan, kita tidak bisa menemukannya.

Lantas bagaimana cara megetahui berita itu hoax apa tidak? Pertama, anda harus melakukan Cross Check terhadap berita yang provokatif. Ada banyak sekali berita yang tersebar di internet bernada provokatif. Jangan lantas langsung percaya, cross check lah. Kalian bisa menggunakan mesin pencari seperti google atau URL situs ini untuk memastikan apakah berita yang anda terima tersebut ditulis juga oleh situs berita lain atau tidak. Pastikan situs yang menuliskannya kredibel dan terpercaya.

Para pembaca juga dapat memastikan sumber dari foto yang diunggah di artikel berita terkait. Seringkali pembuat berita palsu juga melakukan editing foto untuk memprovokasi para pembacanya. Jadi, anda bisa mengecek kembali apakah foto tersebut asli atau tidak. Caranya cukup mudah, anda hanya pelu mendownload foto tersebut atau melakukan screenshoot, lalu buka google image pada browser anda lalu seret (drag) foto tersebut ke kolom pencarian google image. Kemudian periksa untuk mengetahui secara lebih jelas sumber dan caption asli foto tersebut.

Dan yang paling penting anda harus mengetahui siapa penulisnya tersebut, karena saat ini banyak sekali berita yang dibuat hanya agar mejadi viral di media sosial. Dan penulisnya kebanjiran uang karena websitenya yang dipasangi iklan tersebut dikunjungi banyak orang. Jadi, setelah ini jangan ketipu lagi ya guys.....

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x