Mohon tunggu...
Ambica Atsuda Galih Permono
Ambica Atsuda Galih Permono Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penerima Beasiswa Cendikia BASNAZ 2021 (Universitas Negeri Semarang)

Peserta Beasiswa Cendikia BAZNAS

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Di Ramadhan Ini Masih Bingung Perbedaan Zakat, Infak dan Sedekah, Yuk Kenali Perbedaannya!

7 April 2022   15:00 Diperbarui: 7 April 2022   15:10 554 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kisah Untuk Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Ramadhan bulan suci penuh ampunan. Dalam bulan suci ramadhan memperbanyak pahala adalah suatu motto yang sangat penting. Seluruh umat muslim berlomba-lomba mengejar pahala mulai dari beribadah, bermuamalah dan beramal. Sebagai seorang muslim tidak asing lagi dengan istilah seperti zakat, infak dan sedekah. 

Banyak dari kita mendengar dan membaca tentang istilah tersebut di masjid, kotak amal, majalah dan lembaga-lembaga penyalurnya seperti BAZNAS, LAZISMUH, LAZISNU dll. 

Dari ketiga istilah tersebut kita tahu secara umum memiliki arti yang sama yaitu memberikan harta yang kita memiliki kepada orang yang paling membutuhkan.

Akan tetapi kebanyakan orang masih belum mengatahui apa sih perbedaan mereka. Berikut ini adalah sedikit penjelasan tentang perbedaan ketiganya:

  1. Zakat
    • Istilah zakat menurut bahasa berarti membersihkan atau menyucikan. Sementara secara istilah zakat berarti sebagian harta yang dimiliki yang wajib diserahkan kepada orang-orang yang diatur dalam syariat. Siapa saja orang-orang yang diatur dalam syariat?. 

    • Orang-orang itu seperti orang yang dalam keadaan fakir, miskin, mualaf, orang terlilit hutang, orang yang sedang dalam perjalanan, amil zakat dan orang yang berjihad di jalan Allah SWT, dan memerdekakan budak. Kemudian apa sih hukum zakat?. Hukum dari zakat adalah fardu 'ain yaitu wajib bagi setiap orang yang menjalankan perintah Allah SWT yang memenuhi syarat.

    • Zakat terbagi menjadi dua yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Zakat fitrah biasa kita jumpai di bulan suci ramadhan. Zakat fitrah wajib dikeluarkan umat muslim senilai 3,5 liter atau 2,5 kg makanan pokok. Kemudian zakat mal atau zakat harta. Zakat ini di keluarkan setiap muslim yang asalnya dari profesi, atau suatu usaha yang telah mencapai hisab dan haulnya.
  2. Infak
    • Istilah infak menurut bahasa berarti mengeluarkan atau membelanjakan harta. Dalam istilah infak berarti mengeluarkan sebagian harta untuk kepentingan yang diperintahkan dalam agama. 

    • Apa saja contoh kepentingan tersebut?. Contoh kepentingan tersebut adalah memberikan santunan kepada anak yatim, fakir, miskin, pengembangan masjid dan sumbangan bencana. 
    • Dari sebagian kita bertanya-tanya apa sih hukum infak?. 

    • Hukum infak adalah fardhu khifayah yaitu kewajiaban bagi sekelompok orang untuk menjalankan perintah Allah SWT dalam ketentuan syariah. Akan tetapi jika telah dilaksanakan oleh seseorang atau beberapa orang maka  kewajiban tadi akan menjadi gugur. 

    • Perbedaan antara zakat dan infak adalah zakat memiliki nisab sebaliknya infak tidak memiliki nisab. Allah SWT memberikan kemudahan dan kebebasan kepada orang yang berinfak untuk menentukan waktu dan jumlah harta yang ingin dikeluarkan sebagai tingkat ketaatan dan ketaqwaan seseorang.

  3. Sedekah
    • Istilah sedekah menurut bahasa berarti benar. Istilah sedekah menurut ulama adalah orang yang sering bersedekah memiliki pengakuan iman yang benar.  

    • Kemudian sedekah berarti pemberian secara sukarela kepada orang yang membutuhkan yang tidak ditentukan jumlah harta yang di keluarkan. 

    • Sedekah bukan hanya materi akan tetapi sedekah juga bisa dilakukan dengan jasa. Kemudian apa sih hukum sedekah itu?. Hukum sedekah adalah sunnah. jika dilakukan mendapatkan pahala jika tidak maka tidak akan mendapatkan dosa.  

Dari penjelasan diatas kita dapat mengetahui sedikit tentang perbedaan antara zakat, infak, dan sedekah. Setelah kita ketahui hal tersebut maka amalan tersebut bisa dilakukan di bulan yang suci ini. Jadikan ramadhan penuh dengan perlombaan untuk mendapatkan pahala dan rahmat dari Allah SWT. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan