Amazia Yudha
Amazia Yudha

Hanya berisi tulisan-tulisan tuntutan tugas kuliah.

Selanjutnya

Tutup

Media

Mengenali Media Digital yang Kredibel

13 Februari 2018   18:24 Diperbarui: 13 Februari 2018   19:17 670 0 0
Mengenali Media Digital yang Kredibel
linhartpr.com

Kredibilitas dalam konteks penulisan berita memang merupakan hal yang penting. Suatu tulisan berita yang tidak kredibel tentu saja akan merugikan seluruh khalayak. Media digital, yang mengedepankan kecepatan, akankah tetap terjaga kredibilitasnya?

Jika membandingkan antara media konvensional (analog) dan media digital, tentu saja akan menemukan banyak perbedaan. Penulisan dan kredibilitas media analog dan media digital juga jelas berbeda -- walaupun tidak secara keseluruhan berbeda. Perbedaan teknologi yang digunakan dan tuntutan khalayak juga jelas sangat berbeda. Melalui adanya perbedaan tersebut, sampai sekarang media analog masih dianggap sebagai sumber informasi yang paling kredibel -- karena melalui proses gatekeeper  yang ketat. Berbanding terbalik, media digital dianggap tidak kredibel karena didasarkan pada kecepatan sehingga cenderung tidak melalui proses verifikasi dan gatekeeper.

Kredibilitas

Kredibilitas menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah perihal yang dapat dipercaya. Kredibilitas Media (Media Credibility) adalah tingkat keterpercayaan pemberitaan media. Makin kredibel sebuah media, maka tingkat kepercayaan publik terhadap pemberitaan media tersebut makin tinggi. The concept of media credibility is related to the more general concept of trust. If one views media credibility as audience trust applied to the news media, then one needs to better understand the concept of trust (Oxford Bibliographies). Hasil survei yang dimuat Doris A.Graber dalam Processing Politics: Learning from Television in The Internet Age (Chicago: University of Chicago Press, 2001) menunjukkan, media konvensional cetak (suratkabar/koran) memiliki keuntungan lebih karena mampu menyajikan berita dengan lebih mendalam dan waktu yang dimiliki lebih panjang untuk mengecek kebenaran sebuah berita. Media digital yang didasarkan pada kecepatan dianggap tidak kredibel karena tidak memiliki waktu yang panjang untuk memproduksi berita.

Kredibilitas Media Digital

Menurut Brian Carrol dalam bukunya Writing for Digital Media, kredibilitas media digital tetap bisa terjaga. Walaupun dengan kecepatan yang menjadi kunci utamanya. Media digital yang kredibel bisa dilihat dari beberapa faktor dibawah ini.

1.Has Proven Useful To You Before

Hal yang paling mudah untuk membuktikan bahwa media digital tersebut kredibel atau tidak adalah dengan pengalaman anda pribadi. Media digital tentu saja kredibel jika pernah anda akses dan terbukti berguna bagi anda. Jika media digital yang tidak membantu, tidak memenuhi kebutuhan khalayak akan informasi maka media tersebut tidak kredibel. Tapi, tidak hanya semata-mata membantu pemenuhan kebutuhan khalayak, tentunya media digital yang kredibel tersebut juga harus memenuhi syarat-syarat lain.

2.Provides A Quick Response To Your Questions

Jika dalam media daring disediakan kolom komentar, maka khalayak bisa menggunakan kolom tersebut dengan baik untuk memberikan tanggapan maupun pertanyaan. Selain itu, media tersebut juga memberikan respon atas tanggapan maupun pertanyaan yang diajukan oleh khalayak secara cepat. Hal ini membuktikan bahwa media itu benar-benar dikelola oleh orang-orang yang bertanggung jawab atas konten yang ada pada media tersebut.

3.Lists The Organization's Physical Address

Mencantumkan daftar alamat fisik organisasi media tersebut dan bisa dilacak serta dibuktikan keberadaannya. Hal ini menunjukkan bahwa media daring tersebut memang benar-benar berasal dari organisasi media yang terbukti ada secara fisik (terkait dengan perijinan).

4.Has Been Updated Since Your Last Visit

Media daring tersebut telah meng-updatekontennya sejak terakhir kali anda mengakses. Media tersebut selalu meng-updatekontennya setiap ada isu yang dibahas di masyarakat.

5.Gives A Contact Phone Number and Email Address

Media tersebut mencantumkan nomor telepon yang aktif dan bisa dihubungi. Juga alamat email yang aktif dan bisa dihubungi. Hal ini penting terkait dengan pertanggungjawaban bahwa media tersebut benar-benar dikelola. Bisa berkomunikasi dengan khalayak maupun pihak lain.

6.Lists Authors' Credentials For Each Article

Di dalam setiap tulisan yang dimuat pada media tersebut, selalu dicantumkan nama penulis tulisan tersebut. Walaupun biasanya ada media yang menuliskannya secara lengkap maupun hanya dengan inisial. Nama penulis ini dicantumkan, sebagai penanggung jawab atas konten yang terdapat pada tulisan tersebut. Jika tulisan dikomentari maupun terdapat hal-hal yang melanggar aturan penulisan online,maka penulis bisa bertanggung jawab.

7.Is Linked To A Site You Think Is Credible

Media tersebut juga terkait dengan situs atau media lain yang sudah dikenal sebagai media yang kredibel. Hal ini membuktikan bahwa media tersebut "didukung" dan diakui oleh media lain yang kredibel. Contohnya adalah BBC Indonesia dengan BBC UK.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2