Mohon tunggu...
Amara Danella
Amara Danella Mohon Tunggu... Akun Pembelajaran Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Semoga bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mental Health Penting Ngga Sih? Yuk Simak Komunitas Satu Ini!

4 Maret 2021   22:41 Diperbarui: 4 Maret 2021   23:12 33 1 0 Mohon Tunggu...

Tingkat kematian akibat bunuh diri di Indonesia dinilai meningkat. Hingga dikatakan bahwa setiap 40 detik selalu ditemukan kasus bunuh diri, saat ini, tercatat 8lebih dari 804.000 orang meninggal menurut WHO (intothelight.org: 2020). Kasus kematian tersebut terjadi akibat ulah dari diri mereka sendiri. 

Satu sisinya adalah kesehatan jiwa. Kesehatan jiwa merupakan penyakit yang saat ini telah dianggap sebagai tantangan besar. Tidak hanya bagi negara, namun juga tantangan yang amat sangat besar pada keteguhan jiwa diri sendiri. Kesehatan jiwa merupakan penyakit yang bersumber dari segala kejadian atau peritiwa dalam hidup seseorang hingga menimbulkan berbagai dampak negatif dan merusak kepribadian diri orang tersebut (Halodoc,R: 2021). Kesehatan jiwa ini dapat mengakibatkan kepribadian seseorang menjadi lemah, gampang stress hingga depresi. Hal ini juga didukung oleh rasa traumatis yang mereka rasakan. Poin paling menakutkan adalah ketika seseorang sudah merasa putus asa dan tidak dapat mencari jalan keluarnya sendiri. Dampak akan hal tersebut akan memicu percobaan bunuh diri hingga kematian.

Salah satu solusi pencegahan, yaitu berbicara dengan orang-orang terdekat atau mereka yang merasa bisa dipercayai. Entah itu sahabat ataupun orang tua. Apabila masih terasa memiliki keraguan, ada baiknya untuk konsultasi kepada dokter ahli. Namun, hal-hal ini masih kurang terealisasikan. Ini dikarenakan kurangnya rasa percaya diri seorang penderita kesehatan jiwa dengan lawan bicaranya. Banyak sekali kasus yang menyebabkan tekanan mental semakin menurun dikarenakan cemohan hingga pernyataan mereka yang dianggap remeh atau sebuah hal yang sangat sudah biasa terjadi. Melalui pernyataan tersebut, saya telah menemukan satu komunitas penting yang fokus pada penyembuhan penyakit jiwa atau mental. Komunitas tersebut adalah Social

Social Connect ( https://www.socialconnect.id/ ) merupakan sebuah komunitas terbesar dalam hal penanganan Kesehatan mental. Komunitas ini dibangun pada tahun 2019 dan hingga saat ini telah bangkit dengan bantuan tim pengelolaan konten, tim medis, dan berbagai jenis kegiatan untuk para anggotanya. Komunitas ini bergerak sebagai konsep keluarga bagi para anggotanya. Apabila ada salah satu anggota yang ingin mencurahkan kekesalan, uneg-uneg, hingga berbagai perasaan yang ia pendam, tim Social Connect akan dengan senang hati mendengarkan hingga memberikan solusi kedepannya. Komunitas ini juga menyediakan kelas sharing seputar permaslaahan yang ingin diselesaikan supaya tidak menimbulkan dampak negatif pada diri sendiri apabila disimpan.

Menurut pendapat saya, Kesehatan mental bukanlah hanya sekedar gangguan psikologis yang bisa dianggap remeh. Mental seseorang adalah sebuah bagian dari kekuatan diri untuk meneguhkan kepercayaan diri. Bagaimanapun, Kesehatan mental perlu diperhatikan sejak dini. Komunitas Social Connect ini telah menujukkan bahwa kesehatan mental bukanlah sebuah hal yang gampang diselesaikan secara pribadi. Dengan jumlah anggota yang mencapai 3500 anggota, komunitas ini menunjukkan bahwa banyak sekali masyarakat yang peduli dan snagat aware dengan kasus kesehatan mental pada diri seseorang. Kepedulian terhadap sesama dibangun dalam komunitas ini. Hal ini ditunjukkan dalam berbagai pesan berbalas yang dilakukan di telegram secara Bersama-sama. Saling mengomentari, memberi nasihat, hingga memberikan solusi juga terjadi dalam interaksi di komunitas Social Connect ini.

Melalui komunitas ini, kita bisa saling bertukar pendapat hingga menemukan sebuah relasi atau circle pertemana baru. Selain meningkatkan kepercayaan diri, komunitas Social Connect ini juga telah menumbuhkan rasa cinta dan saying terhadap diri kita sendiri. Rasa insecure yang sering dirasakan berbagai kepribadian mulai terobati dengan saran-saran yang diberikan oleh Social Connect. Saya melihat bahwa komunitas ini juga berkontribusi tinggi dalam hal menegakkan masalah Kesehatan mental secara global. Di mulai dari kegiatan kampanye melalui media sosial yang berisikan quotes-quotes yang bermakna. Secara tidak langsung, komunitas ini telah memberikan pesan secara global terhadap orang-orang yang melihat kampanye online tersebut.

Mencintai diri sendiri tidaklah susah, hanya perlu mempercayai diri dan bangga denga napa yang sudah kita capai. Komunitas Social Connect dengan senang hati membantu apabila sedang mencari teman untuk berbicara.

Daftar Pustaka :

Intothelightid.org. (2020). Bunuh Diri sebagai MASALAH kesehatan Global: Data dan FAKTA TERBARU. Retrieved March 04, 2021

Halodoc, R. (2021). Kesehatan mental - PENGERTIAN, Gejala, penyebab, faktor Risiko, Diagnosis, PENCEGAHAN, PENGOBATAN, KAPAN HARUS ke Dokter? Retrieved March 04, 2021

VIDEO PILIHAN