Mohon tunggu...
Desi Amalo
Desi Amalo Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Media

Memahami Karakteristik New Media dan Penerapannya

16 Februari 2017   15:35 Diperbarui: 16 Februari 2017   15:43 2750 0 0 Mohon Tunggu...

Apakah kalian sering mendengar istilah new media namun belum dapat menemukan dimana letak 'new' dari media yang sehari-hari kita temui, maka sebuah penjabaran mengenai apa saja yang “new” dalam new media menurut Lister dkk (2009) berikut dapat memperjelas.

  • New textual experience. Bentuk tekstual dan genre baru dalam hal konsumsi media, hiburan dan kesenangan, termasul computer game,simulasi dan spesial efek.
  • new ways of representing the world. Media menawarkan kemungkinan baru dalam merepresentasikan dan memberikan pengalaman baru dalam memahami dunia. Ini dapat dilihat dalam kemunculan lingkungan virtual dan layar yang menawarkan interaksi multimedia.
  • new relationship between subject (users and consumers) and media technologies. Perubahan dalam penggunaan dan penerimaan citra dan media komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dan perubahan dalam pemaknaan yang ditanamkan pada teknologi media.
  • New experiances of the relationship between embodiment, identity, and community. Adanya perubahan pengalaman personal dan sosial dalam memaknai waktu, ruang, dan tempat (lokal maupun global), yang memiliki implikasi terhadap cara seseorang memaknai dirinya dan tempatnya di dunia.
  • New conception of the biological body relationship to technological media. Tantangan untuk menerima perbedaan antara manusia dengan alam, teknologi dan tubuh artifisial, serta media sebagai bagian dari teknologi artifisial baik yang ril maupun yang virtual.
  • New patterns of organization and production. Penataan ulang dan integrasi, yang lebih luas pada budaya, industri, ekonomi, akses, kepemilikkan, pengendalian dan regulasi media.

Apa itu new teknologi?

Jika berbicara mengenai new media maka tidak akan terlepas kaitannya dari teknologi yang membantu dan mendorong terjadinya perkembangan dalam komunikasi. New media muncul dan kemudian diakomodasi oleh adanya new technology. New technologybukanlah sebuah penemuan baru tetapi lebih ke arah perkembangan teknologi yang awalnya merupakan sistem analog kemudian bergerak ke sistem digital. It is a term that offers to recognise some big changes, technological, ideological and experiential, which actually underpin a range of different phenomena (Lister, 2009). Maksudnya adalah kondisi ini menawarkan sebuah perubahan besar dalam segi teknologi, ideologi serta pengalaman yang mana dapat membawa atau menyokong khalayak pada sebuah fenomena baru. Fenomena baru ini kemudian yang didapatkan dari new media. 

            Teknologi yang berhubungan dengan new mediaselalu berbasis digital dan memiliki beberapa karakteristik seperti dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat (bersifat dapat dipadatkan atau dikompres), interaktif dan tidak memihak. Contohnya seperti Internet, websites, computer games, CD-ROMS, and DVDs.

           Kemunculan dari new media sendiri dikarenakan adanya perkembangan teknologi berupa internet. Dan setelah banyak perkembangan kini melalui internet setiap orang bisa melakukan komunikasi tanpa batas ruang dan waktu (Severin, 2008). Melalui internet juga yang membawa pengguna kembali pada komunikasi serta interaksi pribadi yang tidak dapat dilakukan oleh atau melalui media konvensional.

Karakteristik new media

Disebutkan dalam new media menurut Lister dkk (2009) karakteristik dari new media seperti berikut,

Digital. Dimaksud dengan digital adalah segala data yang terkait dalam hal proses komunikasi diubah menjadi bentuk angka. Data berupa angka ini yang kemudian oleh sistem diterjemahkan ke dalam bentuk tulisan, gambar, grafik, video.

Interactivity.interaktif, termasuk sebagai karakteristik media baru dikarenakan media lama yang bersifat pasif. Pasif karena tidak dapat secara aktif digunakan untuk bertukar informasi atau khalayak dapat berpartisipasi secara langsung.

Hypertextual. Diartikan sebagai tulisan yang mampu memberikan sambungan dari sebuah situs ke situs lainnya, sehingga mempermudah dalam melakukan pencarian data.

Virtual.Segala sesuatu yang berada di dalam suatu media seperti bentuk lingkungan, ruang, realitas dan identitas yang dibagun dari grafis komputer dan video digital di mana pengguna dapat berinteraksi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x