Mohon tunggu...
Amalia Salwa
Amalia Salwa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Maliki Malang

Little girl with big heart ♥

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Disease Vs Disorder Mana yang Lebih Bahaya?

1 Desember 2022   07:01 Diperbarui: 1 Desember 2022   07:05 150
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Written by Amalia Salwa, November 2022

Hai readers! Masih ingatkah kalian dengan kata Disease dan Disorder? Ya betul, ini adalah istilah yang sering didengar ketika kita memasuki dunia medis dan psikologi. Singkatnya Disease adalah penyakit pada otak yang tentunya bisa sembuh, sedangkan Disorder adalah kelainan bawaan lahir yang tidak bisa sembuh.

Sekarang mari kita mengenal lebih dalam mengenai Disease dan Disorder. Jangan sampai terbalik ya, kata kuncinya adalah penyakit (Disease) dan kelainan (Disorder). Sebelum masuk ke pembahasan dari perbedaan antara "penyakit" dan "kelainan", mari kita amati dulu dari mana kedua kata ini berasal. Bersumber pada Credihealth.com disease (penyakit) - Istilah "penyakit" ini jika ditelusuri sampai ke akarnya dalam bahasa Prancis Kuno di artikan sebagai "hina". Kata ini dapat dipecah menjadi dua bagian yakni, des yang berarti tanpa atau jauh dan aise berarti kemudahan. Sedangkan disorder adalah kata yang diciptakan pada akhir abad ke-15, kata ini juga dipengaruhi oleh bahasa Prancis Kuno yang diartikan sebagai "gangguan" yang selanjutnya dipengaruhi oleh bahasa Latin yakni "ordain".

Mengutip dari Verywellhealth.com - disease adalah proses patologis yang dapat dilihat, disentuh, dan diukur oleh penyedia layanan kesehatan. Beberapa contoh dari disease yaitu, disleksia atau kesulitan dalam membaca, mengeja, dan berinteraksi; diskalkulia atau kesulitan dalam metematik; selanjutnya ada disgrafia atau kesulitan menulis; dan dispraksia atau kesulitan dalam mengontrol gerak. Adapun beberapa contoh disorder menurut World Health Organization yaitu, Schizophrenia orang dengan kondisi ini mungkin mengalami kesulitan terus-menerus dengan fungsi kognitif mereka, bisa berupa delusi dan halusinasi yang terus-menerus; lalu ada Eating Disorders atau gangguan makan, bisa berupa gangguan Anoreksia nervosa.

Meskipun kedua istilah ini sering digunakan oleh tenaga kesehatan, nyatanya banyak masyarakat awam yang tidak menyadari perbedaan mendasarnya. Banyak forum yang membahas tentang perbedaan mendasar tentang dua istilah ini, walaupun hasil dan temuan di sebagian besar forum tersebut tidak meyakinkan. Tapi kalian tenang saja, penulis akan mencoba memberikan beberapa contoh perbedaan mendasar dari "penyakit" dan "kelainan" yang bersumber pada credihealth.com:

1. Disease

  • Menurut beberapa artikel, disease adalah label khusus untuk konsep penyakit.
  • Ini berarti gejala tertentunya dapat dihubungkan dengan masalah spesifik pada tubuh.
  • Disease juga disebut sebagai gangguan yang dapat menyebabkan stres dan rasa sakit fisik atau emosional.
  • Sedangkan pengobatan penyakit didasarkan pada kelainan tersebut. Jadi, disease ini bisa sembuh ya.

2. Disorder

  • Disorder diyakini sebagai gangguan fungsi pada tubuh.
  • Gangguan disebabkan karena adanya penyakit dalam tubuh.
  • Beberapa artikel juga mengatakan bahwa disorder, secara sederhana, berarti ada yang salah dengan tubuh.
  • Dalam beberapa kasus gangguan ini bisa menghentikan kerja sebagian sistem saraf.
  • Dengan kata lain disorder ini adalah kelainan yang tidak bisa sembuh, karena yang rusak merupakan syaraf.

Itulah beberapa perbedaan mendasar tentang disease dan disorder. Jadi, motif dari ditulisnya artikel ini adalah untuk membangkitkan rasa ingin tahu pembaca dan meningkatkan kesadaran tentang istilah-istilah yang banyak digunakan namun asing di pengertian. Penting  bagi kita untuk terus mempelajari hal-hal baru dan berkembang sebagai manusia.

Referensi

Ayushmaan Wanchoo. Do You Know The Difference Between Disease And Disorder?, (Online), (https://www.credihealth.com/blog/difference-between-disease-and-disorder/), diakses pada 30 November 2022.

Cory Martin, 2022. What Is the Difference Between a Disease and a Disorder?, (Online), (https://www.verywellhealth.com/disease-vs-disorder-5092243#citation-2), diakses pada 30 November 2022.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun