Mohon tunggu...
Amalia Izzati Faidia
Amalia Izzati Faidia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Nama : amalia izzati faidia Ig : amlzf_

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Apa Sih Konsep Dasar Sosiologi Pendidikan Islam Itu?

7 Desember 2021   13:38 Diperbarui: 7 Desember 2021   14:06 409 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Secara bahasa adalah suatu ilmu atau pengetahuan mengenai perilaku, sifat dan perkembangan pada masyarakat. Sosiologi berasal dari kata  "Socius" yang bermakna teman, kawan dan kata "Logis" yang bermakna ilmu. Pengertian sosiologi secara harafiah (sosiologi) berasal dari kata social yang berarti "berteman" atau "dengan orang lain" dan logo yang berarti "studi", sehingga dapat dipahami sebagai ilmu sosial. (Syaepurrohman Purnama, dkk. 2004). Sedangkan menurut Dwi Narwoko (2004), sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan antar manusia dalam masyarakat. 

Dan hubungan sosial itu sendiri juga memiliki aspek dan manfaat yang beragam. Ada berbagai bidang yang dapat dipelajari dari orang-orang dalam interaksi mereka dengan masyarakat. Dan sosiologi, pada hakikatnya, bukan sekadar ilmu murni yang dapat mengembangkan pengetahuan abstrak semata-mata untuk tujuan meningkatkan ilmu itu sendiri, tetapi sosiologi dapat menjadi Pembelajaran terapan yang menyajikan metode penggunaan pengetahuan ilmiah untuk memecahkan masalah kecil atau masalah sosial. perlu diselesaikan. 

Konsep pengertian sosiologi pendidikan islam pada buku sosiologi pendidikan oleh Prof. Dr. S.Nasution, M.A. dapat ditarik benang merah bahwa sosiologi pendidikan merupakan ilmu yang berusaha untuk mengetahui cara-cara menegnadalikan proses pendidikan guna memperoleh perkembangan kepribadian pada individu yang lebih baik. Sosiologi pendidikan adalah suatu analisis ilmiah atau proses sosial dari pola-pola sosial dalam sistem pendidikan. Sosiologi pendidikan islam adalah spesialis sosiologi yang mempelajari sikap dan perilaku  masyarakat yang terlibat dalam sektor pendidikan islam.

Membahas mengenai ruang lingkup sosiologi, dapat ditinjau dari dua pendekatan, yaitu : Pendekatan yang pertama ialah ruang lingkup berdasarkan tujuan sosiologi pendidikan, hingga dapat disusun sebagai berikut: Sosiologi untuk guru, Sosiologi sekolah, Sosiologi dalam mengajar. 

Dari pokok-pokok pikiran sosiologi tersebut selanjutnya dapat  dikembangkan guna memenuhi tujuan sosiologi pendidikan, maka ruang lingkupnya mencakup Pengantar, meliputi: Konsep dasar sosiologi, Struktur sosial, Fungsi dan pengendalian social, Perubahan sosial, Taksonomi ahli sosiologi, Macam-macam kelompok dan sistem sosial, Hasil penelitian ilmuan sosial. Pembahasan, meliputi: Institusi masyarakat, Sosiologi dan kurikulum, Pendidikan bagi kebudayaan, menurut kacamata sosiologis proses belajar mengajar di kelas, Kedisiplinan dan tata aturan, Guru dan masyarakat, Sosiologi dan nilai. 

Beberapa manfaat dari sosiologi pendidikan islam adalah Sosiologi pendidikan islam adalah bagian dari ilmu sosial , hal ini sesuai dengan kenyataan bahwa sosiologi pendidikan islam mempelajari atau berhubungan dengan gejala-gejala kemasyarakatan. Sosiologi pendidikan islam dilihat dari penerapannya,dapat digolongkan dalam  ilmu menjadi ilmu terapan. Sosiologi pendidikan islam untuk menghasilkan pengertian-pengertian dan pola-pola umum manusia dan maysarakatnya. Sosiologi pendidikan islam meneliti dan mencari apa yang menjadi prisip dan hokum-hukum islam dari interaksi manusia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan