Mohon tunggu...
Amalia Rizkya Kristinia
Amalia Rizkya Kristinia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Akuakultur

.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Menjadi Smart People di Era Maraknya Smartphone

7 September 2022   12:10 Diperbarui: 19 September 2022   18:34 88 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

DI ERA globalisasi yang semakin meningkat pesat ,pasti sudah banyak orang yang memiliki smartphone bukan? Menurut data dari GSMA Intelligence menunjukkan ada 370,1 juta koneksi seluler di Indonesia pada awal 2022 .Itu berarti ada banyak sekali jumlah pengguna smartphone di Indonesia.Smartphone menjadi barang penting yang setiap saat dibutuhkan .

Smartphone memiliki banyak sekali fungsi atau kegunaan.Jika kita bisa menggunakan smartphone dengan baik maka akan banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dari smartphone ini.

Smartphone memiliki banyak sekali dampak positif contohnya adalah digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain, selain itu juga bisa digunakan untuk mencari informasi ,sebagai media hiburan, untuk menambah wawasan, dan masih banyak lagi.

Selain memiliki dampak positif ,smartphone pastinya juga memiliki dampak negative.Misalnya dapat menyebabkan kecanduan,gangguan pada kesehatan mata karena bisa menyebabkan mata minus,bisa juga disalahgunakan untuk hal-hal seperti pornografi ,dan masih banyak lagi.Tentunya dampak- dampak tersebut sangat merugikan bagi penggunanya ,jadi sebagai pengguna smartphone kita harus bisa pintar- pintar memilih mana yang baik dan mana yang buruk.

Pengguna smartphone pastinya memiliki media sosial entah itu instagram,facebook,twitter dan sebagainya.Tetapi apakah dengan adanya smartphone bisa membuat penggunanya menjadi smart people? mungkin saja tidak .Karena masih banyak pengguna smartphone yang tidak bertanggung jawab.Misalnya adalah maraknya penyebaran berita hoax yang berseliweran di media sosial.Bisa kita lihat bahwa berita-berita yang muncul di sosial media dapat tersebar dengan sangat cepat dalam beberapa waktu saja.Jika berita yang tersebar tidak jelas kebenarannya maka bisa menimbulkan keresahan dalam masyarakat.

Hendaknya kita sebagai pengguna smartphone bisa memilah dan mencari informasi yang lebih valid dari sumber-sumber yang terpercaya. Dengan begitu kita bisa menjadi pengguna smartphone yang bijak dalam bermedia sosial.

Sebagai seorang pengguna smartphone yang smart hendaknya harus selalu waspada dan berhati hati  dalam bermedia sosial ataupun menggunakan aplikasi di dalam smartphone.Karena Harus kita ingat bahwa semua yang telah diunggah secara online, akan sulit untuk dihilangkan atau dihapus kembali. Karena sejatinya internet akan menyimpan semua jejak  penggunanya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan