Mohon tunggu...
Amadea Aryanto
Amadea Aryanto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa biasa yang hobinya bikin playlist spotify

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Komunikasi Korporat atau Komunikasi Massa Nih?

14 Desember 2022   00:02 Diperbarui: 14 Desember 2022   00:07 410
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

KOMUNIKASI KORPORAT ATAU KOMUNIKASI MASSA NIH ?

 

Pendahuluan

Komunikasi massa dan komunikasi korporat merupakan dua peminatan yang sering kali ada di jurusan S1 program studi ilmu komunikasi, Komunikasi massa berasal dari pengembangan kata media of mass communication, pada dasarnya komunikasi massa adalah komunikasi dengan perantara media massa (media cetak dan elektronik). 

Pekerjaan dari bidang komunikasi massa pun beragam seperti content creator, penyiar radio, jurnalis dan masih banyak lagi.

Adapun komunikasi korporat adalah proses yang dibentuk oleh organisasi dan terdiri dari transmisi informasi dan mengetahui respons audiens yang menerima pesan. Untuk ini ia mengembangkan Tindakan yang memungkinkan organisasi untuk terhubung dengan orang orang yang membentuknya (komunikasi internal) atau dengan publik eksternal (komunikasi eksternal) dengan tujuan meningkatkan hubungan di antara mereka. Pekerjaan dari bidang komunikasi korporat pun beragam seperti public relation,humas, marketing dan masih banyak lagi. 

Di sini penulis berniat untuk memaparkan contoh dari masing masing dari kedua peminatan komunikasi ini agar para pembaca setidaknya memiliki gambaran tentang komunikasi massa dan komunikasi korporat

 

Komunikasi Massa

Contoh pekerjaan dari praktisi komunikasi massa yang penulis ambil di sini adalah content creator. Content creator sendiri adalah orang yang membuat konten dengan tujuan tertentu baik dalam bentuk tulisan, audio, gambar ataupun video yang nantinya akan di publikasikan di berbagai platform seperti website dan sosial media.

Mungkin para pembaca yang tertarik dengan pekerjaan ini bertanya tanya apa saja tantangan serta kompetensi yang harus di miliki dari seorang praktisi komunikasi massa nih, Oleh karna itu penulis telah melakukan wawancara dengan salah satu content creator asal samarinda bernama alza.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun