Mohon tunggu...
AMUMpolehan4
AMUMpolehan4 Mohon Tunggu... Guru - MBKM UM 2021

Halo, kami kelompok Asistensi Mengajar (AM) dari Universitas Negeri Malang di SDN Polehan 4 Kota Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mewarnai Menjadi Ajang Lomba Memperingati Hari Sumpah Pemuda di SDN Polehan 4 Malang

3 November 2021   18:20 Diperbarui: 3 November 2021   18:34 170 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
peserta lomba kelas II mewarnai sketsa gambar/Dokpri

Ikrar yang dinyatakan oleh pemuda Indonesia pada tahun 1928 tepatnya pada tanggal 28 Oktober menjadi salah suatu tonggak utama dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Hal ini dikenal dengan hari "Sumpah Pemuda" dan dianggap sebagai kristalisasi semangat pemuda untuk merdekanya negara Indonesia. Untuk itu, setiap tanggal 28 Oktober Bangsa Indonesia akan memperingati Hari Sumpah Pemuda untuk mengenang jasa para pemuda dan pemudi pahlawan Indonesia.  

Berhubungan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda yang ke-93, maka mahasiswa Universitas Negeri Malang yang mengikuti Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan program Asisten Mengajar bekerja sama dengan sekolah mitra yaitu SDN Polehan 4 Malang mengadakan Lomba Mewarnai.

Lomba mewarnai ini diperuntukkan untuk tingkat kelas I-IV dengan keseluruhan jumlah peserta sekitar 112 orang. Sketsa gambar yang diberikan panitia kepada peserta lomba masing-masing memiliki tingkat kesulitan yang disesuaikan dengan tingkat kelas peserta.

Lomba ini dilaksanakan selama 2 hari, tepatnya tanggal 27-28 Oktober 2021. Hal tersebut karena menyesuaikan dengan jadwal masuk sekolah siswa. Hari pertama diikuti oleh siswa dengan nomor presensi 1-14 dan hari kedua diikuti oleh siswa dengan nomor presensi 15-28. Waktu yang diberikan panitia untuk peserta lomba mewarnai sketsa adalah satu jam, dimulai pada pukul 7.30 -- 8.30 WIB.

Siswa sebagai peserta lomba tampak antusias untuk mengikuti lomba mewarnai ini. Kreativitas siswa dalam mengisi warna pada sketsa sangat beragam. Masing-masing dari mereka memiliki karakteristik tersendiri dalam mewarnai. Ada beberapa peserta lomba yang memilih untuk menggunakan pensil warna dan sebagiannya memilih menggunakan krayon.

foto bersama peserta lomba kelas III/Dokpri
foto bersama peserta lomba kelas III/Dokpri

foto bersama peserta lomba kelas II/Dokpri
foto bersama peserta lomba kelas II/Dokpri

Setelah 2 hari pelaksanaan lomba mewarnai, maka tiba saatnya mahasiswa program Asistensi Mengajar sebagai panitia pelaksana melakukan penilaian terhadap hasil karya mewarnai peserta lomba. Penilaian ini melibatkan 5 unsur yaitu dari segi pemilihan warna, tata warna, kombinasi warna, imajinasi pewarnaan, dan kebersihan/kehalusan pewarnaan. 

Setiap unsur memiliki 20 poin sehingga skor maksimalnya adalah 100. Berdasarkan hasil penilaian panitia maka didapatkan 2 juara setiap tingkat kelas. Peserta yang menjadi Juara akan mendapatkan bingkisan hadiah beserta sertifikat lomba mewarnai tingkat kelas. Sementara peserta yang tidak menjadi juara mendapatkan jajanan ringan yang dibagikan oleh panitia lomba.

pemberian hadiah dan sertifikat kepada peserta juara 1 dan 2 tingkat kelas I/Dokpri
pemberian hadiah dan sertifikat kepada peserta juara 1 dan 2 tingkat kelas I/Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan