Mohon tunggu...
Non Alyya Yan Hari
Non Alyya Yan Hari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa tingkat akhir di Universitas Pendidikan Indonesia Jurusan Ilmu Komputer, Tertarik dengan dunia Parenting dan Data Science.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Menjadi Orangtua yang Aktif dan Kreatif Guna Mendukung Proses Pembelajaran Daring

27 Juli 2021   11:29 Diperbarui: 27 Juli 2021   12:32 64 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menjadi Orangtua yang Aktif dan Kreatif Guna Mendukung Proses Pembelajaran Daring
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dampak yang ditimbulkan dari Pandemi Covid-19 melanda seluruh aspek kehidupan manusia, begitu juga dengan dunia pendidikan. Di Indonesia, Pandemi Covid-19 memberikan dampak pada 646.192 satuan  pendidikan, 68.801.708 peserta didik, dan 4.183.591 pendidik mulai dari jenjang  Pendidikan Anak Usia Dini sampai Pendidikan Tinggi, Pendidikan Khusus, Pendidikan  Vokasi, Pendidikan Masyarakat, Kursus dan Pendidikan Keagamaan (Kemendikbud,  2020). 

Dalam upaya mengurangi angka penyebaran Covid-19 dan agar kegiatan  pendidikan dapat berjalan seperti biasanya maka pemerintah melakukan kebijakan dalam  sistem pendidikan dilakukan secara online atau sistem dalam jaringan (daring) sejak bulan Maret 2020. 

Kebijakan pemerintah yang  mengharuskan pembelajaran dilakukan secara online atau daring merupakan adaptasi kebiasaan baru di bidang Pendidikan dalam masa pandemi Covid-19 dengan pelaksanaan  pembelajaran daring dilakukan di rumah masing-masing.

Berbagai media pada akhirnya diterapkan oleh tenaga pendidik untuk  melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara jarak jauh, Pembelajaran jarak jauh  menuntut kreativitas baik dari tenaga pendidik maupun peserta didik. 

Akan tetapi, dengan sistem pembelajaran jarak jauh tidak menutup  kemungkinan akan timbulnya beberapa masalah-masalah dalam berlangsungnya proses pembelajaran seperti akses jaringan internet yang baik, serta peran aktif orang tua di rumah. Yuk kenali hal yang dapat dilakukan orang tua agar tidak menghambat proses pembelajaran anak dirumah

Terdapat 4 peran orang tua selama masa pembelajaran online/daring di masa pandemi yang dapat diterapkan di rumah untuk membantu anak mendapatkan hasil yang maksimal meskipun belajar dari rumah:

1) Mentor 

Orang tua berperan sebagai guru di rumah. Orang tua membimbing anak, mengawasi anak selama belajar daring.

2) Fasilitator 

Orang tua memberikan sarana dan prasarana yang dibutuhkan anak selama proses pembelajaran daring di masa pandemi. 

3) Motivator 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN