Mohon tunggu...
Alya Nadasyifa
Alya Nadasyifa Mohon Tunggu... I can do it, You can do it, We can do it

Kota Langsa

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Kreatifitas dari Barang Bekas

15 April 2021   16:01 Diperbarui: 15 April 2021   16:05 115 1 0 Mohon Tunggu...

Menurut KBBI barang bekas ialah barang yang sudah terpakai. Banyak sekali barang bekas yang mudah di temukan di sekitar lingkungan hidup kita, contohnya seperti kardus, botol plastik, kertas dan sebagainya. 

Kita menganggap barang bekas tidak bisa di ubah menjadi barang yang bernilai atau barang yang bisa di gunakan kembali padahal banyak sekali ide-ide yang bisa mengubah barang bekas menjadi barang yang bernilai. Dan jika memiliki tingkat kreatifitas yang tinggi maka barang bekas ini bisa dijadikan aneka kerajinan tangan yang bermanfat dan juga memiliki fungsi yang baru.

Kebanyakan dari kita ketika menemukan barang bekas maka akan langsung dibuang. Padahal dengan barang bekas tersebut kita bisa menciptakan kerajinan tangan yang terbuat dari barang bekas, dan nantinya kerajinan tangan tersebut bisa dijadikan sebagai hiasan yang bisa diletakkan dimana saja seperti di rak buku, di meja, di dinding dan sebagainya. 

Tentunya hal ini dapat menjadi ide yang kreatif dengan cara meningkatkan kualitas suatu benda yang awalnya hanya barang bekas justru menjadi benda yang sangat berguna setelah di upgrade Dari kerajinan barang bekas ini pula dapat dijadikan sebagai kegiatan atau usaha sampingan yang bisa menghasilkan uang untuk di perjual-belikan kepada orang lain, dan bahkan jika usaha tersebut sukses dapat membuka lapangan pekerjaan yang tentunya sangat berbantu bagi para pengangguran.

Pemanfaatan barang bekas yang disulap menjadi kerajinan tangan bisa membantu untuk menggurangi sampah yang menjadi awal penyebab rusaknya lingkungan dan alam. 

Karena itulah pentingnya bagi kita untuk sebijak mungkin memanfaatkan barang bekas yang masih layak pakai agar bisa di upgrade kembali menjadi barang yang lebih berguna. 

Mengenai hal tersebut, di sini penulis akan memberikan salah satu contoh kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah dijumpai, mudah untuk di kerjakan, dan tentunya hasil dari kerajinan ini akan menjadi karya yang simple dan elegant. Diantaranya adalah :

Kardus bekas yang disulap menjadi wadah untuk membungkus kado berbentuk tabung

Salah satu cara untuk mengurangi sampah yaitu dengan membuat kerajinan tangan dari kardus. Banyak sekali karya seni yang terbuat dari kardus ini, salah satunya bisa dijadikan wadah untuk membungkus barang yang bentuknya tidak tetap seperti boneka. 

Dan karya seni dari kardus ini juga bisa digunakan untuk menyimpan barang seperti alat tulis. Disini penulis akan memberikan salah satu karya seni dari kardus bekas yang mudah untuk di ikuti.

Bahan dan Alat
1. Kardus bekas
2. Kertas karton (warna sesuai selera)
3. Lem double tape
4. Lem UHU (atau bisa di ganti dengan lem tembak)
5. Plastik penjilid
6. Gunting atau pisau
7. Pensil atau pulpen

Proses Pembuatannya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN