Mohon tunggu...
Alya Firdaus
Alya Firdaus Mohon Tunggu... seorang Mahasiswi yang masih suka bermalas-malasan

never say 'never'

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

"Jangan Judge Aku!"

10 November 2019   23:02 Diperbarui: 10 November 2019   23:08 0 2 0 Mohon Tunggu...
"Jangan Judge Aku!"
sumber gambar: intipesan.com

Si kecil yang cenderung lebih suka menyendiri disuatu tempat merupakan anak yang introvert. Introvert tuh sebenarnya bukan pemalu ataupun pendiam loh. 

Mereka memang lebih nyaman jika berada di suatu tempat seorang diri dan tidak berinteraksi dengan orang baru. Karena pada dasarnya seorang introvert merasa butuh mengeluarkan banyak energi ketika harus bersosialisasi dengan orang baru dan orang banyak.

Anak introvert memang terlihat pendiam ketika berada pada sekumpulan orang yang baru ia kenal ataupun ia kenal namun tidak terlalu akrab. Anak introvert juga sangat memikirkan kan sebab akibat yang akan terjadi jika ia melakukan tindakan. 

Jika menurut kebanyakan orang anak introvert merupakan anak yang pendiam, mereka akan diam atau menarik menarik diri dari lingkungan yang belum ia kenal namun ia akan mudah bersosialisasi Jika dia berada dilingkungan yang sudah dikenalnya dengan baik.

Apakah si kecil sering menyendiri ketika berada di lingkungan yang terdapat banyak orang? Mungkin penjelasan di atas belum meyakinkan bahwa si kecil termasuk anak introvert. Ini ada beberapa ciri anak introvert:

1.Anak cenderung menghindari kontak mata dengan orang baru. Anak memang terkesan menghindari interaksi dengan orang baru Hal ini dilakukannya untuk memberi perlindungan pada dirinya sendiri agar tidak merasa terintimidasi dengan adanya orang tersebut. 

Hal ini juga bisa berlaku ketika anak berada di lingkungan sekolah ataupun di taman bermain. Anak akan cenderung bermain sendiri ketika berada di tempat tersebut. Namun  setelah anak merasa nyaman dengan lingkungannya, anak mulai bisa bermain dengan teman-teman sebayanya.

2.Anak sering berbicara cara sendiri. Hal ini dilakukan karena anak introvert cenderung ingin mengungkapkan perasaannya tanpa ada intimidasi orang lain. Maka dari itu anak lebih sering berbicara kepada diri sendiri atau kepada mainan yang sedang ia mainkan. Jadi, jangan khawatir kalau si kecil berbicara sendiri.

3.Ketika anak diajak untuk pergi ke tempat bermain atau tempat baru dengan suasana yang ramai anak akan rewel sepanjang hari tanpa alasan yang jelas. Hal ini dilakukan anak introvert untuk memberi Kesempatan dalam dirinya untuk menyendiri dan mulai mencerna pengalaman. Disitulah anak akan mencoba mencari kenyamanan pada tempat tersebut.

Udah tau kan gimana sih ciri-ciri anak introvert? Nah, apakah ciri-ciri di atas ada pada diri si kecil? Kalau ada, tau ga bagaimana cara menghadapi si kecil yang introvert? Nih, ada beberapa cara untuk menghadapi si kecil yang introvert.

1.Paham konsep introvert
Ketika orang tua tidak paham bagaimana konsep introvert orang tua akan khawatir ketika anaknya selalu menyendiri dan tidak mau diajak untuk bersosialisasi dengan orang baru. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2