Mohon tunggu...
Alvin GilangPrasetyo
Alvin GilangPrasetyo Mohon Tunggu... Penggiat Seni

Be Your Self

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Ramainya Lalu Lintas di Tengah PSBB, Mahasiswa KKN UNS Surakarta Berinisiatif Membagikan Masker bagi Pengguna Jalan

14 Juli 2020   17:10 Diperbarui: 14 Juli 2020   17:09 37 0 0 Mohon Tunggu...

Rabu (24 Juni 2020) Lalu lintas yang ramai, ditengah Peraturan Pemerintah untuk melakukan PSBB, Mahasiswa KKN COVID-19 dari UNS memiliki inisiatif untuk membagikan masker kain kepada pengguna jalan (pengendara sepeda motor dan pejalan kaki) di Desa Miri, Kec. Kismantoro, Kab. Wonogiri.

Adanya COVID-19 membuat semua warga menjadi lebih berhati-hati ketika akan bepergian atau sekedar keluar dari rumah. Sebagai bentuk pencegahan yang bisa dilakukan untuk meminimalkan penyebaran COVID-19 masyarakat dianjurkan untuk selalu memakai masker ketika akan keluar rumah atau bepergian.

Namun, kondisi tersebut masih sulit diterapkan di daerah pedesaan, dimana para warganya masih menganggap enteng akan penyebaran COVID-19 dengan tidak mengindahkan anjuran-anjuran dari pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan ketika keluar rumah, satu hal yang sering dijumpai ketika di jalan adalah masih banyaknya masyarakat yang belum memakai masker.

Sebagai bentuk realisasi program kerja dan kepedulian terhadap sesama warga, Mahasiswa KKN COVID-19 UNS mengadakan kegiatan bagi-bagi masker kain secara gratis kepada pengguna jalan. Hal tersebut mendapat banyak dukungan dari tokoh masyarakat mulai dari Ketua RT,RW, Kepala Dusun, sampai Kepala Desa.

"Semoga itu membuat warga sadar akan pentingnya pakai masker disaat pandemic COVID-19, di Desa sini masih banyak warga yang tidak mau saling melindungi dengan cara pakai masker, mohon untuk selalu diingatkan melalui daring/online agar warga kembali peduli dan mau mematuhi protokol kesehatan" ungkap Beny Suryanto (42) selaku Kepala Desa Miri.

Sejak pertama diberlakukan pembatasan dalam segala kegiatan, Pemerintah Desa Miri juga sudah mengupayakan pencegahan penyebaran COVID-19 ini dengan membagikan masker kain gratis, dimana setiap KK mendapatkan dua masker dan juga ada kegiatan penyemprotan disinfektan melalui organisasi karang taruna desa.

"Dan terimakasih sudah mau memberikan masker dan pengertian kepada warga, ini merupakan bentuk kepedulian dan usaha membantu Pemerintah dalam upaya memutus rantai penyebaran COVID-19" imbuh Beny Suryanto sembari memberikan apresiasi kepada Mahasiswa KKN COVID-19 UNS.

Bentuk apresiasi juga disampaikan oleh warga yang juga mendapatkan masker tersebut "Saya sangat senang mendapat masker ini gratis. Kedepannya saya akan lebih berhati-hati ketika akan keluar rumah dan akan selalu memakai masker" ujar Iis Dayanti (28) salah satu warga dan juga pengendara.

Kegiatan positif ini, dapat menjadikan warga lebih peduli dan berhati-hati dalam upaya mecegah rantai penyebaran COVID-19. Dengan begitu penyebaran dapat ditekan sehingga pasien positif COVID-19 bisa secepatnya hilang.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x