Mohon tunggu...
Alviani MustikaSari
Alviani MustikaSari Mohon Tunggu... Relawan - Mahasiswa

Perempuan yang ingin terus belajar

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Widz Anniversary Event, Pengalaman Kecil Penuh Inspirasi

18 Februari 2020   10:02 Diperbarui: 18 Februari 2020   10:05 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Awal dari mengikuti event Widzs adalah ketika mengirim pesan puisi dengan salah satu kompasioner terkenal di kompasiana yaitu Bu Anis Hidayatie. Saat itu beliau membalas puisi karya teman yang saya kirimkan dengan sambutan hangat. Selepas itu beliau mengirimkan link event menulis dalam rangka Anniversary Widz. Saya menyambut itu dengan antusias, meskipun saya baru dalam menulis.

Event ini diadakan oleh Komunitas Penulis Berbalas yang katanya masih baru di Kompasiana. Saat mengetahui ini saya ingin sekali menulis. Meskipun saya masih baru dan belum memiliki akun Kompasiana. Sayapun mulai bertanya pada bu Anis dan langsung membuat akun untuk mengikuti event tersebut. 

Event ini sangat keren dan luar biasa menurut saya, karena event ini diadakan dalam rangka merayakan ulang tahun salah satu kompasioner yaitu bu Widz. Tema menulis pun menurut saya sangat luar biasa dan penuh pesan moral, karena melalui tulisan kita dapat berbagi dengan orang lain. Objek tulisan harus orang yang tidak mampu atau orang-orang yang ekonominya kurang.

Awal memulai menulis saya kebingungan, saya akan menulis tentang siapa dan apa yang akan saya tulis. Apakah puisi, cerpen ataupun artikel. Saya hanya mempunyai waktu satu hari dalam menulis. Ketika melamun, saya teringat dengan salah seorang keluarga yang pernah saya kunjungi di pelosok daerah saya. Lokasinya berada di Kabupaten Lombok Timur, tepatnya di dusun Batu Jong, Desa Bilokpetung Kecamatan Sembalun.

Salah seorang keluarga yang memiliki perekonomian yang sangat kurang. Rata-rata didaerah itu memang terdiri dari keluarga tidak mampu. Namun ada salah satu keluarga yang ingin saya tuliskan yaitu keluarga Ibu Febi. 

Seorang ibu muda yang memiliki dua orang anak dengan latar belakang ekonomi yag sangat kurang. Saya menulis tentangnya dan keadaan yang ada di dusun Batu Jong. Awalnya saya menulis artikel, bercerita tentang mereka. Namun saya tidak yakin dengan tulisan saya.

Akhirnya saya mengajak teman untuk berkolaborasi. Dia adalah seorang teman yang suka menulis puisi. Awalnya saya mengajaknya untuk ikut event ini. Namun karena banyak sekali halangan yang tidak bisa diatasi dalam pembuatan akun Kompasiana, akhirnya kami memutuskan bekerjasama membuat suatu tulisan tentang keadaan para keluarga di dusun Batu Jong.

Saya mnceritakan beberapa kisah tentang mereka, dan diputuskan akan kami tulis kisah mereka dalam puisi. Kamipun membuat tiga puisi dalam waktu satu malam. Kami berharap melalui puisi ini orang lain akan tahu masih banyak keluarga dipelosok sana yang masih memiliki kehidupan dibawah kata layak. Kami tidak berharap banyak pada kesempatan ini. Kami hanya ingin menyampaikan kisah mereka melalui puisi-puisi tersebut.

Banyak sekali tulisan yang saya baca pada event ini. Karya-karya yang sangat luar biasa yang mampu mendapatkan top 5 dari para juri pada event Widz. Saya ucapkan selamat pada para pemenang. Menulis kali ini merupakan pengalaman pertama bagi saya. 

Tulisan-tulisan yang menjadi kado untuk bu Widz kali ini, semoga membawa keberkahan bagi semua penulis dan objek yang ditulis.

Terimakasih saya ucapkan pada bu Widz yang sudah mengadakan event, dan selamat ulang tahun. Doa terbaik buat bu Widz dan semoga selalu bahagia. 

Event ini merupakan salah satu event yang sangat menginspirasi. Semoga kita semua tetap peduli pada sesama kita.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun