Mohon tunggu...
Muhammad AlvanSulthan
Muhammad AlvanSulthan Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN Tematik

Mahasiswa UPI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kontribusi Mahasiswa UPI dalam Bidang Pendidikan pada Kegiatan KKN Tematik 2021 di SDN 119 Cijagra Bandung

28 Juli 2021   22:56 Diperbarui: 28 Juli 2021   23:15 101 0 0 Mohon Tunggu...

Berbagai kebijakan telah dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia untuk mengurangi tingkat penyebaran virus corona, Menteri Pendidikan, Kebudayan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyatakan tahun ajaran baru 2021-2022 harus bisa mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas dengan memperhatikan protokol kesehatan yang sangat ketat. Kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan untuk membatasi penyebaran COVID-19 berdampak pada berbagai bidang diseluruh dunia khususnya pendidikan di Indonesia. Hal tersebut yang melakukan pelaksanaan pembelaran tatap muka secara terbatas yang sudah di rencanakan sebelumnya otomatis ditunda dikarenakan di landa dengan meningkatnya lagi kasus COVID-19 dan adanya program Pembelakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang membuat batalnya pembeajaran tatap muka secara terbatas. Beberapa sekolah pun pada akhirnya mau tidak mau harus mengikuti perintah yang di tepapkan mengenai pembelajaran secara daring atau biasa disebut Belajar Dari Rumah (BDR).

Untuk saat ini tepatnya di bulan juli sekolah Sekolah Dasar Negeri 119 CIJAGRA KOTA BANDUNG melaksanakan MPLS secara daring, Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia yang sedang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang di laksanakan dari tanggal 3 juli hingga 30 juli. Untuk di minggu pertama mahasiswa membatu pelaksanaannya MPLS secara daring dengan mengedit video pembukaan dan perkenalan kegiatan MPLS yang agar berjalan dengan baik dan juga mahasiswa UPI membatu guru guru untuk menyiapkan perangkat pembelajaran seperti membantu nyamembuat materi untuk siswa sebagai penguatan pembelajaran daring untuk semua mata pelajaran dan pendampingan pembalajaran siswa secara daring untuk semua mata pelajaran

Ada 4 Mahasiswa UPI yang sedang melakukan KKN yang berada di SDN 119 Cijagra terbagi masing masing tugas seperti yang ditugaskan oleh guru, seperti membantu membuat silabus, RPP, membuat video, membantu administrasi di sekolah dan keperluan untuk pembelajaran daring. Dari program yang sudah ditugaskan, mahasiswa dapat belajar bagaimana cara membuat serta mempersiapkan perangkat pembelajaran yang diarahkan oleh para guru dan juga mendapatkan pengalaman.

Program mahasiswa UPI yang selama pelaksanaan KKN membantu pembuatan materi-materi melalui power point mengenai olahraga seperti materi Permainan Bola Basket, untuk materi tersebut menjelaskan terlebih dahulu apa yang di maksud permainan bola basket kemudian menerangkan Teknik dasar seperti Teknik dasar Dribbling, Teknik dasar Passing dan Teknik Shooting.  Selain itu mahasiswa upi membantu mencetak silabus serta rpp dan juga perangkat pembelajaran lainnya. Sejauh ini sistem pembelajaran yang di terapkan di SDN 119 Cijagra masih menggunakan media Google Drive, Google Form dan Website sebagai alat pembelajaran. Dalam mempersiapkan media tersebut juga mahasiswa banyak membantu guru terutama pada guru yang kurang memahami pemakaian Website untuk pembelajaran daring.

Kontribusi mahasiswa dalam melaksanakan program KKN kepada guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dan guru-guru yang lain  disambut baik SD Negeri 119 Cijagra. Harapan dari kegiatan KKN yang dilaksanakan tersebut dapat membantu guru-guru dalam penerapan pembelajaran daring ini sehingga dapat terselenggara secara  optimal dan meningkatkan efektivitas Belajar dari Rumah (BDR)

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN