Mohon tunggu...
Abdul Latip
Abdul Latip Mohon Tunggu... Dosen - Pembelajar

|#PendidikanTanpaAngka | Literasi Sains | Literasi I Edukasi I Kontak : alatip0212@gmail.com | https://scholar.google.com/citations?user=yu5V5v4AAAAJ&hl=en&authuser=4 |

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

4 Subjek Mandatory di Sekolah Versi Pak Nadiem

27 Oktober 2019   18:52 Diperbarui: 27 Oktober 2019   19:31 2226 9 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar : kompas.com

Terpilihnya Pak Nadiem Makarim sebagai Mendikbud banyak dibicarakan oleh semua kalangan, terutama kalangan yang bergelut di dunia pendidikan seperti guru dan dosen. Tidak sedikit yang meragukan penunjukkan Pak Nadiem sebagai Mendikbud, hal ini karena secara latar belakang Pak Nadiem belum pernah secara langsung bergelut dalam dunia pendidikan.

Namun banyak pula yang menaruh harapan besar dan optimisme kepada Pak Nadiem untuk membawa pendidikan Indonesia lebih maju lagi, khususnya dalam menghadapi era dimana teknologi informasi berkembang secara pesat. 

Harapan dan optimisme yang ditaruh kepada Pak Nadiem ini tidak terlepas dari kiprah Pak Nadiem sebagai salah seorang yang sukses mengembangkan bisnis start up yaitu Go Jek.

Dalam kurun waktu beberapa hari terakhir ini banyak yang mendiskusikan arah pendidikan Indonesia di bawah Pak Nadiem. Dari berbagai wawancara kepada Pak Nadiem pun, Pak Nadiem belum banyak menyampaikan terkait program-program pendidikan yang akan digulirkan pada masa kepemimpinannya.

Namun demikian ada beberapa point yang Pak Nadiem sampaikan mengenai program pendidikan yang penting untuk Indonesia, diantaranya pengembangan pendidikan yang berdasarkan kompetensi dan karakter, penguatan relevansi antara institusi pendidikan dan dunia industri, dan tidak lupa beliau pun akan menyiapkan program pendidikan yang berbasis digital dan milenial.

Terlepas dari seperti apa arah pendidikan ke depan di bawah Pak Nadiem, setidaknya tayangan video yang banyak beredar mengenai konsep SDM Indonesia Unggul versi Pak Nadiem pada acara seminar Hari Oeang tahun 2017 silam memberikan gambaran tentang konsep pendidikan yang diperlukan di masa kini.

Pada video tersebut, Pak Nadiem menyebutkan ada 4 mata pelajaran yang wajib dipelajari di Sekolah. 4 subjek mandatory tersebut adalah bahasa inggris, bahasa koding, statistik dan psikologi.

Bahasa Inggris

Menurut Pak Nadiem bahasa inggris merupakan bahasa wajib yang penting dipelajari pada tingkat Sekolah. Hal tersebut didasarkan karena bahasa inggris merupakan bahasa yang digunakan untuk mengkonsumsi bahasa konten dunia melalui online dan berbagai jalur lainnya.

Pembekalan bahasa inggris yang matang akan memberikan peluang bagi para peserta didik untuk mencari pengetahuannya sendiri untuk menambah dan mendukung konten yang dipelajari di kelas. 

Pengetahuan konten internasional dari berbagai penjuru dunia akan menjadikan nilai tambah bagi generasi indonesia guna menghadapi persaingan global.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan