Mohon tunggu...
Rizaldy Mahendra
Rizaldy Mahendra Mohon Tunggu... mahsiswa Ilmu Komunikasi UII 2018

Bercerita

Selanjutnya

Tutup

E-Sport Artikel Utama

Ikatan Persahabatan dalam Dunia Gim Online

13 Mei 2020   11:23 Diperbarui: 14 Mei 2020   00:36 63 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ikatan Persahabatan dalam Dunia Gim Online
Gambar oleh Jan Vašek dari Pixabay

Sahabat adalah level lanjutan dari hubungan antar dua individu manusia setelah menjadi teman biasa. Sahabat adalah teman dekat yang akan selalu ada disisi kita baik senang maupun susah. Berbeda dengan teman biasa, karena sahabat lebih akrab antar satu sama lainnya. 

Biasannya seseorang yang menjalin hubungan persahabatan telah berlangsung dari zaman kecil, di sekolah, ataupun ketika sudah bekerja.

Namun dalam hubungan ini, biasanya interaksi yang terjadi antar-individu manusia terjadi secara langsung. Dan karena interaksi terus berjalan secara intens, maka akan menjadikan mereka merasa lebih dekat, dan terbentuklah hubungan persahabatan.

Pada era globalisasi dan perkembangan teknologi komunikasi saat ini, interaksi yang terjadi antar individu-individu manusia yang tadinya hanya bisa secara langsung, kini bisa secara virtual. 

Yang tadinnya harus melakukan pertemuan dahulu untuk bisa saling berinteraksi, sekarang kita bisa melakukan interaksi dengan siapapun dan dimanapun bahkan kapanpun kita inginkan. 

Bukan hanya sekadar berinteraksi dengan orang yang dikenal saja, namun kita bisa berinteraksi dengan strangers atau orang asing. Sebenarnya interaksi jarak jauh ini bukan merupakan sebuah hal yang baru saat ini. 

Karena pada zaman dahulu, orang-orang berinteraksi secara jarak jauh menggunakan surat. Sehingga memunculkan tren sahabat pena pada medio 1970 an. 

Pada saat itu, kegembiraan mereka adalah ketika mereka mendapat balasan surat dari sahabat pena nya itu. Betapa senangnya ketika pak pos mengetuk pintu rumah, dan memberikan sepucuk surat yang telah lama dinanti-nanti hahaha. 

Betapa manisnya zaman itu, rasa nikmat itu pada zaman ini mulai sirna. Kalo kata orang yang pernah merasakan hidup pada masa sahabat pena itu, pasti akan mengatakan "zaman sekarang ngak seasyik dulu yah".

Anak zaman dahulu boleh berbangga dengan media surat menyuratnya, tapi anak zaman sekarang ngak mau kalah tentunya. Anak zaman sekarang punya teknologi yang serba canggih, bahkan interaksi menggunakan teks saja sudah dianggap kuno oleh mereka. Interaksi di dunia game memungkinkan kita dapat berinteraksi seperti pada dunia nyata. 

Dapat memunculkan ekspresi, bersahut-sahutan dengan suara langsung, membentuk sebuah komunitas, atau bahkan menjalani kehidupan seperti di dunia nyata. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x