Mohon tunggu...
Kang Mizan
Kang Mizan Mohon Tunggu... Pensiunan Peneliti Utama Kementerian Keuangan R.I

Pensiunan Peneliti Utama Kementerian Keuangan R.I.

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Halal Meneladani Kesuksesan PKS

14 Mei 2019   21:02 Diperbarui: 15 Mei 2019   10:46 293 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Halal Meneladani Kesuksesan PKS
Gedung DPR R.I Senayan Jakarta Pusat

Jelang pengumuman resmi KPU  tanggal 22 Mei nanti, postingan Caleg 2019 yang akan melaju ke Senayan demikian viralnya. Sejauh ini sudah lebih dari 300 Caleg DPR yang dinyatakan hampir pasti melaju ke gedung eksotik berwarna biru itu. Adakah Kompasianer yang termasuk dalam angka 300an tersebut, atau, adakah yang akan termasuk dalam angka 565 Anggota DPR R.I. periode 2019 -2024?

Yang jelas, sudah ada beberapa Kompasianer yang juga Caleg 2019 yang berani menyuarakan kegagalannya untuk melaju ke Senayan.

Diantara mereka itu adalah penulis sendiri  dan tersirat Kompasianer Delianur. Kompasianer Delianur untuk ketiga kali nya bertarung sebagai Calon Legislator pada Pemilu Serentak tanggal 17 April 2019 yang baru lalu.

Pada artikel yang berjudul Adakah Titik Kulminasi Politik Uang?, klik disini, Kompasianer kita itu menyuarakan kagalauan nya atas demikian maraknya praktik politik uang di arena Pileg Indonesia.

Delianur ketika ikut pertama kalinya di 2009 tidak begitu terpukul dengan kegagalan nya karena berharap praktik haram politik uang akan mereda di tahun 2014. Nyatanya itu terus berlanjut dan bahkan tambah menggila di tahun 2014 dan 2019.

Lebih lanjut Kompasianer kita ini membuat estimasi angka 30an miliar rupiah untuk lolos ke kursi DPR. 

Delianur menutup artikel dengan kesimpulan There is no such thing as upper extreme points in money politics di ajang Pileg Indonesia. Praktik politik uang akan terus melejit ke atas secara infinitif, kira-kira begitu menurut Kompasianer kita itu. 

Dalam nuansa yang sama penulis juga menyatakan sangat-sangat besar nya uang dibutuhkan agar seorang Caleg bisa lolos ke Senayan.

Penulis sepakat dengan Delianur bahwa money politics itu bersentuhan langsung dengan masyarakat kalangan menengah ke bawah. Dalam kaitan ini penulis menyatakan bahwa sebetulnya kita belum siap untuk berdemokrasi secara baik.

Orang itu umumnya berpikir Caleg adalah orang kaya. Mindset nya Caleg DPR pasti sudah siap untuk menghabiskan puluhan miliar rupiah. Dengan demikian, Penulis mesem-mesem ingat ketika membaca proposal untuk perbaikan jalan, renovasi rumah ibadah, dan berbagai jenis perlombaan seni dan olah raga. Banyak juga yang mengusulkan acara makan bersama di berbagai restoran yang wah-wah

Silahkan klik disini: Pandangan Visioner Sosok Kompasianer Calon Anggota DPR 2019

Secara lebih umum lagi, bahwa perlu nya uang dalam angka 30an miliar untuk lolos ke Senayan diakui oleh banyak orang. Lebih-lebih Tjahjo Kumulo, Mantan Anggota DPR R.I (PDIP) dan saat ini menjabat sebagai Menteri dalam Negeri menyebut angka hingga 43 miliar rupiah untuk mendapatkan 1 kursi DPR. Lihat, misalnya, Kumparan.com, klik disini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN