Muda

Inovasi Biodegradable Active Packaging

15 Januari 2017   09:03 Diperbarui: 15 Januari 2017   10:00 548 0 0

Kolaborasi mahasiswa fakultas peternakan dan teknologi pertanian (Fahmi, Ronny, Zahwa, Almira) memiliki inovasi untuk membuat biodegradable aktif packaging dari bahan limbah makanan (buah jeruk, kulit melon, dll) yang dapat memperpanjang umur simpan bahan pangan. Hal ini didasari oleh penemuan mereka mengenai banyaknya sampah makanan yang setiap hari di buang oleh supermarket, padahal sebenarnya bahan bahan makanan tersebut masih cukup layak untuk dimanfaatkan.

Jumlah makanan yang dibuang dari supermarket berjumlah fantastis. Hal ini dikarenakan perilaku konsumen yang tidak mau memilih bauh atau sayur yang jumlahnya tinggal sedikit di rak. Konsumen akan berpikir itu adalah buah dan sayur pilihan terakhir yang memiliki kualitas terburuk. Mau tidak mau, supermarket akan melakukan ‘overstock’ setiap saat agar konsumen tetap membelinya.

Sayangnya, stock berlebih tersebut juga tak akan pernah terjual. Selalu ada sayur dan buah yang layak buang tiap harinya. Bahkan terdapat buah dan sayur yang masih layak dan tetap dibuang karena ada stock yang lebih segar.

Hal ini yang menyebabkan makanan yang terbuang selalu menumpuk menjadi berton-ton tiap tahunnya. Untuk mendistribusikannya pun merupakan hal yang mustahil. Karena hal tersebut butuh biaya yang tak sedikit. Hal ini membuat makanan yang sebenarnya masih layak makan terbuang sia-sia menjadi sampah.

Antara 30% dan 50% atau 1,2-2 juta ton makanan yang diproduksi di dunia setiap tahun tidak pernah sekalipun termakan oleh manusia, dimana 40%nya terdiri dari buah, sayur dan akar umbi (www.FAO.org). Bahan bahan tersebut dapat dimanfaatkan menjadi kemasan aktif yang ramah lingkungan karena beberapa komponennya tinggi senyawa antimikroba dan antioksidan.

Produk yang mereka buat dinamakan IMPACK. IMPACK merupakan kemasan aktif yang mudah terurai dan dapat memperpanjang umur simpan makanan, dengan hal itu maka kita tidak perlu khawatir kalau produk ini akan mencemari lingkungan. IMPACK menjaga kesegaran makanan dengan usaha yang konsumsi energy yang lebih sedikit, mudah dibawa, desainnya juga sangat simple untuk pemakaiannya, dan yang terpenting, produk ini dapat mengurangi sampah makanan secara tidak langsung karena dapat menjaga kualitas makanan dalam waktu yg lama.

Selain itu dapat menjadi solusi penggunaan kemasan makanan segar (siap masak) untuk kebutuhan sahari-hari, baik itu berbelanja maupun menyiapkan makanan segar untuk piknik dll. Hal ini tentu akan menjadi gaya hidup dimasa depan kerena banyaknya tren bepergian atau travelling pada sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal penting yang menarik juga adalah di keamasan ini terdapat gambar bermuatan edukasi yang mengingatkan kita untuk lebih peduli terhadap lingkungan.