Mohon tunggu...
Almira Shae
Almira Shae Mohon Tunggu... A Writer

Freelance writer

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Makan Siang: Lebih Hemat Beli atau Masak Sendiri?

4 September 2019   14:06 Diperbarui: 5 September 2019   10:42 149 0 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Makan Siang: Lebih Hemat Beli atau Masak Sendiri?
sumber: canva.com/gettyimagespro

Menyiasati keuangan bari karyawan tentunya menjadi hal yang cukup rumit. Terlebih lagi jika Anda, sebagai karyawan yang merantau di ibu kota, karena sudah pasti Anda sudah harus menyisihkan sebagian penghasilan Anda yang cukup besar untuk sewa tempat tinggal.

Maka dari itu, tidak jarang Anda akhirnya harus melakukan penghematan lagi guna terpenuhinya kebutuhan hidup sehari-hari. Baik penghematan di anggaran gaya hidup ataupun kebutuhan sehari-hari, seperti makan.

Namun, sebenarnya Anda bisa lho memiliki anggaran yang lebih tanpa harus berhemat dengan menyiksa diri Anda sendiri. Anda bisa mensiasati hal tersebut di anggaran konsumsi sehari-hari.

Eitss.. bukan berarti Anda tidak makan ya! Tidak dipungkiri lagi bahwa ada kalanya anggaran untuk konsumsi atau makan sehari-hari seringkali overbudget.

Hal tersebut karena ketika Anda memasuki jam makan siang, terlebih lagi jika Anda sering makan siang atau malam di pusat hiburan, sudah pasti Anda akan mengeluarkan anggaran yang lebih, Anda bisa mengeluarkan Rp 30-100 ribu sekali makan.

Oleh karena itu, bagaimana cara yang tepat untuk bisa menghemat finansial Anda, jika diatur dari biaya konsumsi Anda sehari-hari? Simak penjelasan berikut ini.

Beli atau Ikut Katering

Jika Anda tidak sempat untuk memasak sehingga memutuskan untuk beli saja, ada baiknya jika Anda tidak selalu pergi makan siang ke tempat hiburan, seperti food court di mall. Karena, seperti yang telah dijelaskan sebelumya, hal tersebut bisa membuat anggaran konsumsi Anda semakin membengkak.

Jika Anda terbiasa melakukan kegiatan tersebut, tidak ada salahnya untuk mengubah kebiasaan tersebut.

Mulai biasakan diri Anda untuk makan di warteg terdekat di rumah atau kantor Anda. Karena dengan begitu, perharinya Anda hanya mengeluarkan hanya 15-20 ribu.

Jika memang kegiatan Anda sangat sibuk, Anda juga bisa ikut katering yang nantinya akan diantar ke kantor atau tempat tinggal Anda. Namun, usahakan untuk mencari penyedia katering dengan harga yang sangat terjangkau atau tidak melebihi anggaran keuangan Anda.

Memang harganya akan sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan Anda membeli sendiri di rumah makan terdekat. Namun, layanan antar-jemput makanan yang disediakan oleh penyedia catering tersebut  tentunya akan memudahkan Anda, bukan?

Memasak Sendiri 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x