Mohon tunggu...
Almira Dwixie D
Almira Dwixie D Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Kedokteran Universitas Diponegoro

KKN Tim II Universitas Diponegoro Periode 2020/2021 - Dosen KKN : Dr. Ana Silviana, S.H, M. Hum - Pejabat P2KKN : Triyono., S.H, M.Kn

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Perang Melawan Covid-19 ala Mahasiswa KKN Undip

30 Juli 2021   16:00 Diperbarui: 30 Juli 2021   16:37 140 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perang Melawan Covid-19 ala Mahasiswa KKN Undip
Foto: Dokumentasi Pribadi

Semarang (30/7) -- Lonjakan kasus positif COVID-19 yang meroket saat ini telah melanda tanah air sehingga dikenal sebagai Gelombang ke-2 COVID-19 . Beberapa daerah di Jawa Tengah khususnya Kota Semarang merupakan zona merah pada beberapa saat terakhir karena menurut https://siagacorona.semarangkota.go.id/ tercatat sebanyak 29.289 kasus terkonfirmasi COVID-19 hingga akhir bulan Juli ini.

Untuk memutus angka penyebaran COVID-19, diperlukan berbagai intervensi yang tentunya perlu melibatkan berbagai pihak. Pemerintah telah menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan tujuan dapat mengurangi angka penularan COVID-19. Namun, sampai saat ini PPKM masih dinilai kurang efektif dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan.

Oleh karena itu, Mahasiswa KKN UNDIP melakukan rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat berupa sosialisasi mengenai protokol kesehatan 5M dan tips menjaga diri dan keluarga dari COVID-19 dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sebagai upaya meningkatkan daya tahan tubuh dan siap berperang melawan COVID-19.

Kegiatan ini merupakan realisasi dari salah satu program KKN Tim II UNDIP Periode 2020/2021 yang bertema "Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)" sebagai bentuk pengabdian mahasiswa terhadap Kelurahan Kaliwiru.

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan secara door to door dengan memberikan hand sanitizer dan leaflet yang berisi informasi penting mengenai protokol kesehatan 5M yaitu menggunakan masker yang benar, mencuci tangan/menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menjauhi kerumunan serta langkah-langkah menggunakan hand sanitizer yang tepat menurut WHO. Mahasiswa KKN UNDIP juga memberikan penjelasan terkait isi leaflet sekaligus mempraktikkan langsung langkah menggunakan hand sanitizer yang tepat menurut WHO kepada warga RW 03 Kelurahan Kaliwiru.

Mahasiswa KKN UNDIP juga memberikan tips menjaga diri dan keluarga dari COVID-19 dengan PHBS seperti etika batuk dan bersin yang benar, manfaat dan waktu yang tepat untuk berjemur, aktivitas fisik teratur, istirahat cukup, konsumsi gizi seimbang dengan isi piringku, konsumsi suplemen vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh, dan konsumsi air yang cukup sesuai dengan kebutuhan sehingga siap berperang melawan COVID-19. Selain itu, mahasiswa KKN UNDIP juga berbagi tips untuk menjaga diri dan keluarga dari lingkungan yang bersih dan sehat seperti memperhatikan kondisi air sumur/PAM, memberantas jentik nyamuk, serta penyinaran dan ventilasi udara yang baik sehingga dapat terhindar dari transmisi COVID-19.

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi

Dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi tersebut, mahasiswa KKN UNDIP tetap menjaga protokol kesehatan ketat untuk menghindari transmisi COVID-19. Kegiatan sosialisasi juga dilakukan secara daring melalui  grup WA warga setempat disertai dengan penjelasan dan juga diskusi tanya jawab seputar sosialisasi sehingga lebih interaktif.

Warga Kelurahan Kaliwiru sangat menerima dengan baik terhadap kegiatan sosialisasi tersebut, Joko selaku Ketua RW 03 sangat berterima kasih terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Undip dan berharap semoga kedepannya masyarakat dapat menerapkan dengan baik sehingga Indonesia dapat memenangi peperangan melawan COVID-19.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN