Mohon tunggu...
Almira Divayani
Almira Divayani Mohon Tunggu... Mahasiswi LSPR Communication and Business Institute

Mahasiswi LSPR Communication and Business Institute

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Pentingnya Dukungan Moral Saat Pandemi

22 Januari 2021   17:00 Diperbarui: 22 Januari 2021   17:06 224 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Dukungan Moral Saat Pandemi
dok. pribadi

Dukungan moral adalah segala bentuk aksi yang bertujuan untuk memberikan dorongan semangat kepada orang lain. Dukungan dari orang-orang di sekitar tentunya akan membantu kita untuk menjalani hari, apalagi di masa pandemi. Se-simple bertanya kabar pun terkadang dapat menjadi sesuatu yang bisa bikin kita berpikir bahwa kita nggak sendirian di dunia ini.

Kamu bisa memberikan dukungan moral ke siapapun yang kamu kenal atau temui, dimulai dari adik atau kakak, sahabat terdekat, teman lama, atau bahkan bisa kepada pedagang asongan di pinggir jalan. Sadar atau tidak, dukungan moral dibutuhkan oleh setiap manusia.

Ingin memberi dukungan moral tapi masih bingung harus seperti apa? Baca artikel ini, yuk!

1.  Menanyakan Kabar

Orang yang menanyakan kabar terkadang sering dianggap sebagai hanya sebagai basa-basi untuk memulai suatu topik. Nggak jarang juga saat kita menanyakan kabar, dengan cepat lawan bicara akan menjawab kalo mereka baik-baik saja. Padahal, mungkin saja suasana hati mereka sedang buruk atau bahkan jauh dari kata baik. Hal itu  biasanya dilakukan karena mereka bingung saat mau menjawab pertanyaan tersebut. Di samping itu, bisa juga karena mereka berpikir bahwa "Apa kabar?" cuma pertanyaan basi yang sudah mereka dengar berulang kali.

Coba yuk untuk bertanya sebanyak dua kali biar lawan bicaramu berpikir kalo kamu benar-benar ingin mendengarkan kabar mereka. Dengan saling bertanya kabar, semoga kita bisa saling peduli dan memahami kondisi satu sama lain khususnya selama pandemi.

2.  Memberikan Semangat

Kalimat di atas adalah kalimat yang cukup berarti di masa pandemi seperti ini karena support system sangat dibutuhkan untuk setiap manusia. Memberikan semangat untuk teman yang masih harus keluar rumah karena ada kewajiban yang menanti, ayah yang harus pergi ke kantor setiap pagi, dan mungkin kakak yang harus WFO demi mempercantik CV dapat membuat hari-hari mereka menjadi lebih baik lagi. Oleh karena itu, memberikan semangat kepada sesama manusia yang sudah berjuang membuat kita tersadar bahwa kita tidaklah sendiri. Jadi, apakah kamu sudah menyemangati orang lain hari ini?

3.  Mengucapkan Selamat

Di saat sebelum pandemi kemarin, mungkin kita bisa dengan gampangnya memberikan makanan ringan yang ditempeli notes berisi ucapan-ucapan untuk teman yang akan atau baru selesai memperoleh suatu pencapaian. Oleh karena itu, di masa pandemi seperti ini tentunya cukup penting bagi kita untuk membiasakan diri dengan teknologi. Menggunakan e-mail untuk mengirim pesan manis kepada teman bisa kamu lakukan. Apalagi, karena sekarang kita baru saja memasuki tahun 2021, sangat cocok apabila kamu ingin memberikan ucapan terima kasih kepada temanmu karena sudah berhasil melewati tahun 2020 yang cukup unik ini. Selain itu, kamu juga dapat mengirimkan e-mail untuk mereka dan memberikan ucapan selamat karena sudah selesai mengikuti ujian atau skripsi. Banyak alasan untuk kamu mengirimkan e-mail kepada teman-temanmu. Namun, yang paling penting adalah ucapan yang tulus dari hatimu.

4.  Memberikan Rekomendasi Hiburan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x