Mohon tunggu...
Almeira Wafa
Almeira Wafa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta

Almeira merupakan mahasiswa S1 Akuntansi.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Peluang Bisnis untuk Para Pencinta Korea

15 September 2022   09:00 Diperbarui: 15 September 2022   09:03 60 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Image by rawpixel.com on Freepik

Korean Wave atau yang disingkat dengan K-wave merupakan suatu istilah yang digunakan terhadap proses tersebarnya budaya korea melalui musik, drama, dan berbagai hal lainnya. K-wave terjadi di banyak wilayah negara di dunia termasuk Indonesia. Secara global, Korean wave mulai tersebar di berbagai negara sejak tahun 1990-an. Namun, di Indonesia sendiri K-wave baru mulai masuk secara masif pada tahun 2011 melalui K-drama dan K-pop.

Tersebarnya Korean Wave di Indonesia yang terjadi sejak tahun 2011 berlangsung hingga saat ini. K-drama dan K-pop berkembang dengan sangat pesat dan banyak digemari pada beberapa tahun terakhir. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya anak muda yang menggemari musik K-pop dan K-drama. Bahkan bukan hanya anak muda saja, tetapi juga di berbagai kalangan usia. Tidak jarang juga kita mendengar musik K-pop di berbagai tempat umum, seperti mall, transportasi public, dan tempat umum lainnya. 

Selain itu, akhir-akhir ini kita banyak melihat dari berbagai iklan di Tv, papan iklan yang berada di jalanan, ataupun brand indonesia yang menggunakan artis atau idol korea sebagai brand ambassador dari produk yang mereka miliki. Terlebih lagi beberapa brand indonesia yang menggunakan artis atau idol korea sebagai brand ambassadornya menjual habis produknya pada waktu yang cukup singkat.

Hal itu dapat membuktikan bahwa selain menggemari k-drama, k-pop, dan hal lainnya yang berbau korea, para penggemar rela untuk menghabiskan sejumlah uangnya untuk membeli produk dengan brand ambassador artis atau idol yang mereka sukai. Tidak hanya itu, para penggemar k-pop juga biasanya membeli album, merchandise, dan pernak-pernik lainnya yang berhubungan dengan idol atau k-pop group yang disukainya.

Sebagai penggemar, sebetulnya kita bukan hanya bisa menghabiskan uang untuk suatu hal yang digemari, tetapi kita juga bisa menghasilkan uang dari kegemaran yang kita miliki. Seperti melalui K-pop dan K-drama ini misalnya, banyaknya orang yang menggemari hal yang berbau korea di Indonesia tersebut dapat dijadikan peluang bisnis yang menguntungkan. Berikut merupakan berbagai ide bisnis yang bisa dilakukan.

  • Kuliner korea yang lezat dan unik dapat dijadikan peluang bisnis

Image by jcomp on Freepik
Image by jcomp on Freepik

Makanan korea sering kali muncul dalam cuplikan drama, maupun variety show yang membuat beberapa orang penasaran akan bagaimana rasa dari makanan tersebut. Banyak makanan yang seringkali muncul, seperti kimbab, ttoekbokki, kimchi, jajjangmyeon, dan berbagai makanan korea lainnya. Hal ini dapat menjadi peluang bisnis karena makanan korea merupakan makanan yang banyak disukai bukan hanya oleh para penggemar korea. Selain itu, kita juga bisa menyesuaikan cita rasa makanan korea sesuai dengan cita rasa Indonesia.

  • K-Fashion yang banyak digemari dapat dijadikan bisnis di Indonesia

Image by pikisuperstar on Freepik
Image by pikisuperstar on Freepik

Para artis dan idol kpop sering kali tampil stylish pada setiap acara yang dihadirinya, maupun pada kesehariannya. Tidak jarang bahwa gaya berpakaian mereka banyak dicontoh oleh banyak orang. Alasan mengapa banyak orang yang meniru gaya berpakaian para artis dan idol tersebut selain stylish biasanya karena gaya yang ditampilkan adalah gaya kasual yang dapat ditiru dengan mudah. Selain itu model baju Korean style yang ditampilkan juga memiliki desain yang unik dan menarik. Baju Korean style ini dapat dijadikan bisnis di Indonesia yang dapat dilakukan dengan memproduksi baju secara pribadi, maupun dengan melakukan impor dari negara korea langsung.

  • Online shop yang menjual berbagai merchandise k-pop

Image by tirachardz on Freepik
Image by tirachardz on Freepik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan