Mohon tunggu...
Almas Mushad Yogaswara
Almas Mushad Yogaswara Mohon Tunggu... Mahasiswa - Psikologi

Universitas Tarumanagara

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Cara Membuat Presentasi yang Efektif dan Menarik

7 April 2022   11:12 Diperbarui: 7 April 2022   11:20 131 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber foto: https://www.commonsense.org/

Selama pandemi Covid-19 hampir semua aktivitas menjadi terhambat. Banyak kegiatan yang dilakukan dari rumah, mulai dari kegiatan pembelajaran hingga perkantoran dilakukan secara daring. Presentasi merupakan kegiatan yang banyak dilakukan selama pandemi Covid ini. 

Mungkin bagi para pekerja kantoran mereka sudah terbiasa untuk melakukan presentasi di kantor, namun untuk beberapa murid atau mahasiswa masih banyak yang merasa kesusahan untuk melakukan presentasi yang menarik.

Apakah kamu pernah melihat presentasi yang begitu-gitu saja ? Atau kamu merasa presentasi kamu membosankan sehingga tidak mendapat perhatian dari para audiens? 

Presentasi yang baik adalah presentasi yang dilakukan secara singkat serta efektif dan mendapatkan perhatian dari para audiens yang hadir. 

Well, memang untuk melakukan presentasi baik ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut.

Untuk penjelasan pertama kali ini akan dijabarkan bagaimana melakukan presentasi yang efektif. Saat melakukan segala sesuatu keyakinan sangatlah dibutuhkan. 

Begitupula ketika kamu melakukan presentasi. Menunjukkan keyakinan terhadap tema, topik maupun konsep yang kamu bawakan ketika presentasi sangatlah penting. 

Ketika kamu yakin tentunya hal ini akan memberikan keyakinan bagi para peserta terhadap topik yang kamu bawakan.  

Setelah kamu merasa yakin, berikanlah gambaran menyeluruh mengenai presentasi yang kamu bawakan dengan memaparkan beberapa agenda, objektif serta komponen dari presentasi tersebut. 

Jangan lupa untuk memberikan ilustrasi berupa gambar, video atau sedikit humor untuk mempertahankan perhatian para peserta serta mencairkan suasana. 

Selain itu, penggunaan analogi yang relevan juga dibutuhkan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap isi presentasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan