Mohon tunggu...
Alma Puspita
Alma Puspita Mohon Tunggu... Mahasiswi

Seorang mahasiswi fakultas ekonomi di Surakarta

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN UNS Meningkatkan Pemahaman Masyarakat terhadap Covid-19 sebagai Langkah Pencegahan di Lingkungan RT 07/02

27 Juli 2020   21:36 Diperbarui: 27 Juli 2020   21:34 21 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN UNS Meningkatkan Pemahaman Masyarakat terhadap Covid-19 sebagai Langkah Pencegahan di Lingkungan RT 07/02
dok. pribadi

Hai, Perkenalkan nama saya Alma Puspita Kencana (F0217009), saya seorang mahasiswi program studi Manajemen FEB UNS. Saya akan menceritakan kegiatan yang saya lakukan selama melaksanakan KKN UNS di Era Covid-19, pelaksanaan kegiatan ini terhitung mulai 15 Mei - 30 Juni 2020.

Kegiatan tersebut bertujuan dalam rangka membantu pemerintah Indonesia untuk menekan angka kasus positif dan penyebaran Covid-19 yang telah mewabah ke berbagai daerah, oleh karenanya UNS ikut berpartisipasi melalui kegiatan KKN dengan menerjunkan ribuan mahasiswa yang berada di berbagai daerah. Saya juga ikut berperan dalam melaksanakan kegiatan KKN UNS Era Covid-19 di daerah saya sendiri yaitu Bangunharjo RT 07/02, Pulisen, Boyolali.

Tujuannya untuk membantu meminimalkan penyebaran kasus Covid-19 sebagai langkah pencegahan di Kampung Bangunharjo. Selama menjalankan kegiatan KKN di masa pandemi dan demi kelancaran terlaksananya kegiatan KKN ini ada seorang Dosen Pembimbing Lapangan yang senantiasa membimbing saya dari awal sampai akhir, beliau yaitu Dr. Dwi Prasetyani, S.E., M.Si. 

Kegiatan yang saya lakukan yaitu sosialisasi dan edukasi terkait materi Covid-19 secara online melalui Whatsapp Grup RT setempat. Sosialisasi secara online ini dilakukan karena selama masa pandemi Covid-19 dihimbau untuk stay at home, sehingga tidak diperbolehkan melakukan aktivitas sosial diluar rumah.

Adanya sosialisasi tersebut warga menjadi lebih memahami hal-hal terkait Covid-19 dan tentunya lebih meningkatkan awareness terhadap diri sendiri dan keluarga terdekat untuk selalu berhati-hati serta tetap menerapkan protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah.

Warga juga lebih patuh untuk menerapkan physical distancing, stay at home, selalu rajin mencuci tangan, dan hal-hal lain terkait Covid-19 yang perlu menjadi perhatian bagi diri sendiri dan orang-orang terdekat mereka. Kegiatan lain yang saya lakukan yaitu penyebaran dan penempelan poster di beberapa titik pusat keramaian lingkungan kampung Bangunharjo RT 07/02.

Konten poster yang ditempelkan mengenai tata cara memakai masker, serta etika batuk dan bersin yang benar. Dengan ini, warga jadi lebih memahami tata cara memakai masker, etika batuk dan bersin yang benar, serta meningkatkan kepedulian warga mengenai pentingnya melalukan tindakan pencegahan terhadap bahaya dan penyebaran Covid-19.

VIDEO PILIHAN