Mohon tunggu...
alma hasna
alma hasna Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

.

Selanjutnya

Tutup

Home Pilihan

Merapikan Lemari Pakaian Menggunakan Metode KonMari

26 Juli 2022   12:20 Diperbarui: 26 Juli 2022   13:09 88 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Lemari Pakaian, Sumber: uwitan.id

Pernahkah kamu merasa kesulitan dalam mencari pakaian di dalam lemari? Jika iya mungkin ini saatnya kamu untuk membereskan isi lemari kamu. Selain membereskan isi lemari, kamu juga dapat mendonasikan atau bahkan menjual pakaian yang sudah tidak kamu gunakan lagi. 

Untuk membantu mu membereskan isi lemari, kamu dapat mencoba metode Konmari. Orang yang sudah menerapkan metode KonMari mengaku mengalami perubahan dalam hidup mereka. Lalu apasih metode KonMari? 

Metode KonMari merupakan metode merapikan barang yang diperkenalkan oleh wanita asal Jepang yaitu Marie Kondo. Metode ini bertujuan untuk membantu orang dalam hal beberes dari barang-barang yang sudah tidak dibutuhkan lagi dan hanya menyimpan barang-barang yang menimbulkan kebahagiaan bagi penggunanya. 

Yuk simak bagaimana cara membereskan isi lemari pakaian dengan metode KonMari! 

1. Merapikan Isi Lemari Pakaian Berdasarkan Kategorinya

Marie Kondo menyarankan agar kita membereskan barang sesuai dengan kategorinya. Hal itu tertujuan agar kita lebih mudah saat mencari barang. Kamu dapat mengkategorikan isi lemari berdasarkan jenis pakaiannya seperti baju dengan baju, celana dengan celana, dan seterusnya. Atau mengkategorikan berdasarkan acara dari pakaian tersebut, seperti mengkategorikan pakaian casual, formal, dan lain sebagainya.

2. Merapikan Pakaian Dengan Memberinya "Rumah"

Setelah merapikan pakaian sesuai dengan kategorinya, pastikan setiap kategori tersebut memiliki "rumah" tersendiri. Hal ini memudahkan kamu ketika mencari barang, kamu langsung mengetahui dimana tempatnya. Begitu pula ketika kamu mengembalikan barang.

3. Fokus Pada Barang yang Ingin Disimpan

Tujuan dari menerapkan metode KonMari yaitu hanya menyimpan barang yang dapat menimbulkan kebahagiaan. Maka dari itu metode ini mengajak kamu untuk menyontir pakaian satu per satu dengan mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri apakah pakaian ini menimbulkan kebahagiaan, jika tidak maka keluarkan pakaian tersebut dari lemari kamu.

4. Merapikan Isi Lemari Pakaian di Waktu yang Sama

Menurut Marie Kondo, akan lebih baik ketika kamu meluangkan waktu mu hanya untuk merapikan barang-barang dan jangan sampai terganggu oleh aktivitas lain. Hal itu akan membuatkan fokus ketika sedang membereskan barang. Sedangkan jika membereskan barang dengan cara dicicil akan menunda proses selesainya kegiatan beberes.

5. Menerapkan Marie Kondo Folding

Marie Kondo menganjurkan untuk menyimpan pakaian dengan posisi vertikal setelah dilipat dibandingkan dengan menumpuk pakaian ke atas. Menerapkan Marie Kondo Folding atau melipat pakaian ala Marie Kondo akan mempermudah kita saat mencari dan mengambil pakaian tanpa adanya resiko berantakan yang biasanya terjadi saat menyimpan pakaian dengan cara horizontal atau menyusunnya ke atas.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Home Selengkapnya
Lihat Home Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan