Mohon tunggu...
Ali Shodikin
Ali Shodikin Mohon Tunggu... Belajar

Grinting ngangeni

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Ingin Gabung POGEPA? Harus Hafal Teks Pancasila

27 Januari 2021   20:15 Diperbarui: 27 Januari 2021   20:31 50 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ingin Gabung POGEPA? Harus Hafal Teks Pancasila
Gajlug (nama panggilan) salah satu calon anggota POGEPA sedang mengucapkan teks Pancasila didampingi Tohari (anggota POGEPA) | Dokpri

Dalam sebuah organisasi memenuhi beberapa persyaratan menjadi hal yang umum dapat kita jumpai, bahkan hal ini juga menjadi sebuah ketentuan, supaya anggota yang masuk tidak asal sehingga nantinya punya komitmen dan dapat melaksanakan tanggung jawab dengan baik, yang utama adalah menjaga nama baik organisasi itu sendiri.

Seperti halnya yang diterapkan oleh Paguyuban Odong-odong Golet Pangan (POGEPA), setiap calon anggota yang mau gabung atau mendaftarkan diri harus memenuhi beberapa persyaratan diantaranya memiliki kendaraan (odong-odong), mengumpulkan foto diri, membayar iuran pendaftaran untuk administrasi, dan yang paling unik serta menarik adakah setiap calon anggota harus hafal teks Pancasila.

Yang bersangkutan saat mulai gabung ke paguyuban yaitu dengan mengikuti pertemuan rutin bulanan, harus mengucapkan teks Pancasila dihadapan Pengurus dan anggota Pogepa lainnya, dengan sebelumnya memperkenalkan diri.

Dasar Negara tersebut (Pancasila) harus diucapkan dengan lantang dan jelas, supaya anggota lainnya yang hadir dapat mendengar.

Pengucapan teks Pancasila sendiri bukan tanpa alasan, ini merupakan bagian dari wujud Cinta Tanah Air, Indonesia. Sebagai warga negara yang baik tentu diharapkan harus hafal Dasar Negara Indonesia yaitu Pancasila.

Pada poin Pancasila terdapat banyak nilai-nilai yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, tidak terkecuali bagi anggota paguyuban. Maka dari itu, bagi calon anggota diharapkan harus hafal sila-sila yang ada dalam Pancasila, supaya dapat menjadi pedoman dalam berperilaku dan bertindak dalam memenuhi kewajiban dan hak-haknya di kehidupan bermasyarakat.

VIDEO PILIHAN