Mohon tunggu...
Devi Nur
Devi Nur Mohon Tunggu... Buku adalah healing dan alam sebagai tempat pulang..

Membaca buku sebagai healing dan alam sebagai tempat pulang ketika kepala sedang riuh.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Cara Membuat Blog Tutorial yang Menarik

2 Oktober 2020   03:10 Diperbarui: 2 Oktober 2020   03:09 14 1 0 Mohon Tunggu...

Cara Membuat Blog Tutorial yang Menarik

Cara Membuat Blog Tutorial yang Menarik. Blog merupakan salah satu platform online yang menyajikan berbagai informasi dari berbagai sudut pandang. Selain menyajikan dan berbagi informasi, blog juga digunakan sebagai tempat untuk berbagi pengalaman akan suatu hal. Salah satu pengalaman yang dibagikan adalah tutorial mengenai suatu hal seperti penggunaan barang-barang tertentu atau pengoperasian sebuah aplikasi.

Penulis blog juga dituntut kreatif dalam menyampaikan tutorial secara gamblang dan jelas. Penyampaian harus dijelaskan secara detail dan menunjukkan bukti langkah-langkahnya. Banyaknya kejadian penyampaian yang kurang jelas membuat pembaca merasa bingung atau mungkin salah dalam pengaplikasiannya. Maka dari itu berikut ini ada beberapa langkah supaya blog mengenai tutorial menjadi lebih menarik dan mudah dipahami pembaca.

Menentukan Tema Blog

Hal pertama yang harus dilakukan oleh penulis adalah menentukan tema tulisan. Jika ingin membuat sebuah  blog tutorial maka harus membuat tema terlebih dahulu. Seperti tutorial mengenai kecantikan atau make up. Penulis hanya akan membahas mengenai make up seperti tutorial menggunakan foundation, membuat alis atau memasang bulu mata. Sehingga blog tersebut lebih terfokus pada dunia make up atau kecantikan.

Menentukan Desain Blog

Untuk mempercantik tampilan halaman blog, jangan lupa membuat desain yang menarik dan fresh. Namun, kembali lagi dengan tema yang digunakan supaya selaras. Jika temanya mengenai kecantikan maka desain yang digunakan juga seperti itu. Bisa menambahkan icon lipstick, bedak atau perempuan yang sedang menggunakan make up. Pembaca juga akan lebih nyaman ketika memahami informasi dan yakin dengan apa yang disampaikan. Desain juga mempengaruhi banyak sedikitnya pembaca. Gunakanlah desain secukupnya, jangan terlalu banyak menggunakan icon karena halaman akan terkesan penuh dan kurang menarik.

Memberikan Contoh

Cantumkan juga contoh tutorial yang sudah dilakukan sebelumnya. Dengan menyantumkan contoh tutorial akan membuat pembaca semakin yakin dan ingin mencobanya. Ketika tutorial make up membuat alis yang benar dan terbentuk dengan merata. Penulis harus mencantumkan hasil atau contohnya dari awal sampai akhir. Seperti awal mula alis yang belum disentuh apa-apa sampai terbentuk dengan sempurna harus disertakan hasilnya secara berurutan. Sehingga pembaca bisa membayangkan bagaimana langkah awal sampai akhir. Jika blog tutorial make up hanya berisi tulisan maka pembaca akan cepat bosan dan sulit membayangkan bagaimana hasilnya.

Penggunaan Bahasa

Bahasa yang digunakan dalam sebuh blog harus disesuaikan dengan target pembaca. Jika mengenai tutorial make up yang sudah digunakan oleh perempuan usia 15 keatas. Jangan menggunakan bahasa yang terlalu formal dan terkesan menggurui. Gunakanlah panggilan khusus kepada pembaca perempuan seperti girls atau panggilan lainnya. Hal ini digunakan penulis supaya bisa akrab dengan pembaca.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x