Mohon tunggu...
Ali Zahdary
Ali Zahdary Mohon Tunggu... Semoga saja hasil.

Apapun yg terjadi bersyukurlah

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Penyatu Daerah

31 Oktober 2020   14:59 Diperbarui: 31 Oktober 2020   15:09 33 1 0 Mohon Tunggu...

Tahukah kamu dimana indonesia itu?.

Ini jawaban dari anak SD mungkin udah pada tau. Sudah belajar tentang bahasa indonesia kan?.. 

Okeh lanjut... 

Negara Indonesia adalah negara kepulauan, terletak si antara 2 samudra dan 2 benua. Ini menjadikan Indonesia memiliki buanyak sumberdaya, termasuk bahasa dan budaya loh.. 

Tapi, ada satu bahasa yang digunakan daerah daerah di indonesia yaitu bahasa persatuan bahasa Indonesia. 

Tau gak sih, bahasa Indonesia itu punya 2 fungsi? Hah? Ga tau?? 

Okeh deh aku kasih tau nih... 

Bahasa Indonesia sekarang punya 2 fungsi, yaitu fungsi sebagai bahasa nasional dan bahasa negara. Setiap fungsi memiliki kedudukannya masing masing. Fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional ditandai dengan sebuah ikrar yang disampaikan para pemuda dari seluruh pelosok negri di batavia (jakarta tempoe doloe). 

Hayo tau nggak kapan ikrar itu disampaikan? Apa nama ikrarnya??

Yaptul... nama ikrarnya yaitu SUMPAH PEMUDA pada 28 Oktober 1928.. udah lama banget kan..

Sejak saat itu bahasa indonesia sebagai bahasa nasional lengkap dengan kedudukannya sebagai lambang kebanggan nasional, identitas nasional, alat pemersatu bangsa, alat penghubung antar daerah dan budaya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x