Mohon tunggu...
Aliyya Salsabila
Aliyya Salsabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

bisnis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Inilah Kegiatan-Kegiatan KKN Tematik UPI 2022 Kelompok 66 (6)

16 Agustus 2022   00:15 Diperbarui: 16 Agustus 2022   21:01 186 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kelompok Besar KKN 66 UPI/dokpri

Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik UPI oleh kelompok 66 mendapatkan tema "Desa Berenergi Bersih & Terbarukan" programnya telah diterapkan terhitung dari hari Senin (11/07/2022) bertempat di Kelurahan Neglasari, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat. Sebanyak 30 mahasiswa dengan dibagi menjadi beberapa kelompok melakukan kegiatan di beberapa RW dengan pembagian merata beranggotakan empat sampai enam orang perkelompok kecilnya.

Pada wilayah RW 03 sendiri dipegang oleh kelompok enam dengan empat orang mahasiswa. Kelompok enam mahasiswa KKN UPI 2022 ini mengadakan program kerja berupa sosialisasi penghematan energi listrik dan pencegahan bahaya listrik kepada ibu-ibu warga RW 03 Kelurahan Neglasari serta melakukan beberapa program lainnya seperti edukasi ke PAUD, membantu kegiatan Posyandu, dan membantu membuat kerajinan.

Listrik merupakan kebutuhan pokok yang sangat penting bagi semua orang dalam setiap aktivitas masyarakat. Karena kebutuhan pokok energi listrik termasuk kedalam kelompok rumah tangga, industri, bisnis, dan umum. Energi listrik merupakan sumber energi yang sangat penting bagi kehidupan manusia baik untuk kegiatan industri, kegiatan komersial, maupun dalam kehidupan sehari-hari rumah tangga. Energi listrik juga dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan penerangan dan juga proses produksi yang melibatkan barang-barang elektronik dan alat-alat rumah tangga.

Survey pa RW 03/dokpri
Survey pa RW 03/dokpri

Pada hari Selasa (19/07/2022) kelompok KKN 66 UPI melakukan pembukaan dan dilanjutkan dengan menyebarnya kelompok kecil untuk survey ke tiap RW nya yang telah ditentukan. Kelompok enam mendatangi rumah Pa RW 03 untuk berkenalan dan membahas mengenai program apa saja yang akan dilakukan di wilayah RW 03 ini.

Energi Panel Surya di jalan RW 03/dokpri
Energi Panel Surya di jalan RW 03/dokpri

“Pada RW 03 ini kebetulan sudah terbilang baik dalam hal listrik bahkan dibeberapa jalan sudah menggunakan tenaga panel surya yang bisa disebut sebagai salah satu energi terbarukan” ujar ketua RW 03.

Selanjutnya kelompok enam pada hari Rabu (20/07/2022) sampai hari Kamis (21/07/2022) melakukan pendataan terhadap warga RW 03 bagaimana penggunaan listrik yang di konsumsi dikeluarga, apa saja alat elektronik yang digunakan di rumah yang sekiranya menggunakan energi listrik.

Pendataan penggunaan listrik di warga RW 03/dokpri
Pendataan penggunaan listrik di warga RW 03/dokpri

Setelah melakukan pendataan terhadap warga, meskipun penggunaan listrik di RW 03 sudah cukup terbilang sangat baik & terpenuhi, namun perlu adanya upaya dalam penghematan listrik agar konsumsi penggunaannya di keluarga berkurang tidak melonjak. Maka dari itu kelompok enam mengambil data penggunaan listrik keluarga di RW 03 dengan mengambil beberapa sampel yang ada di RT 01, 02, 03, 04 dan 05 yang mendapat sambutan baik oleh warga. Dari hasil yang didapat dari pendataan rata-rata konsumsi listrik lebih dominan digunakan untuk alat elektronik seperti TV, mesin cuci, dispenser, setrikaan, charger handphone dan lain sebagainya untuk menunjang aktivitas keluarga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan