Mohon tunggu...
Ali Suwarno
Ali Suwarno Mohon Tunggu... Pengajar

Mengajar sambil terus belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kebiasaan Baru yang Menjadi Kebiasaan Normal

13 Agustus 2020   21:21 Diperbarui: 13 Agustus 2020   21:25 66 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kebiasaan Baru yang Menjadi Kebiasaan Normal
kompas.com

Penambahan jumlah orang yang positif virus korona semakin hari semakin bertambah. Sedangkan penambahan jumlah orang yang meninggalpun tergolong banyak. 

Meskipun apabila dibandingkan dengan pasien yang sembuh jauh lebih banyak yang sembuh. Ini menandakan bahwa virus covid-19 masih sangat berbahaya apalagi cara penularannya yang sangat cepat. 

Beberapa langkah telah dilakukan oleh pemerintah dan pemerintahan di daerah. Salah satunya adalah PSBB. 

Setelah beberapa saat kemudian akhirnya di buka dan menjadi kebiasaan batu atau New normal. Tetapi apa yang terjadi kemudian di masyarakat. Ternyata istilah kebiasaan baru tersebut menjadi kebiasaan normal. 

Kebiasaan normal dapat kita lihat di beberapa tempat keramaian yang terlihat begitu ramai. Padahal istilah kebiasaan baru tersebut adalah kebiasaan yang harus mengadaptasi aturan-aturan baru di masa pandemk seperti sekarang ini. Penggunaan masker salah satunya. Ternyata langkah yang paling mudah ini masih sering kita jumpai banyak sekali sebagian masyarakat kita yang mengabaikannya. 

Tindak tegas para pelanggar

Kebiasaan baru yang menjadi kebiasaan normal di masyarakat adalah kurangnya sosialisasi yang diberikan. Seperti bahaya dari virus ini yang dapat menjangkiti siapa saja karena peredarannya yang sangat cepat. Tetapi ternyata sebagian masyarakat pun terlihat acuh dan sedikit mengindahkan himbauan pemerintah seperti memakai masker. 

Melihat keadaan seperti ini pemerintah harus terus mensosialisasikan dan memang kalaupun diperlukan adalah dengan menindak tegas terhadap siapa saja yang melanggar aturan-aturan tersebut, dan apabila diperlukan adalah pemberian sangsi yang cukup untuk memberikan efek terhadap yang melanggar. 

Semoga secepatnya kondisi ini akan kembali membaik seiring dengan telah di ujicobakan ya vaksin virus covid-19 ini. 

VIDEO PILIHAN