Mohon tunggu...
Alissa Nida
Alissa Nida Mohon Tunggu... Mahasiswa - akun untuk KKN

Kuliah Kerja Nyata

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Kasus Covid-19 yang Semakin Meningkat Tak Surutkan Semangat Mahasiswa KKN Undip

6 Agustus 2021   10:44 Diperbarui: 6 Agustus 2021   11:00 10 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kasus Covid-19 yang Semakin Meningkat Tak Surutkan Semangat Mahasiswa KKN Undip
Diskusi KKN (sumber: dokumen pribadi)

Semarang, (27/07/21). Varian delta yang saat ini marak tersebar di masyarakat Indonesia ini menyebabkan kenaikan kasus per hari pada masyarakat Indonesia. Namun, hal ini tak surutkan semangat Mahasiswa KKN Undip dalam melakukan penyuluhan dan membantu masyarakat sekitar.

Terdapat berbagai macam program yang diusulkan serta dilakukan oleh Mahasiswa KKN Undip di Kelurahan Sambiroto, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Beberapa programnya yaitu melakukan edukasi pentingnya menjaga keamanan data pribadi, serta melakukan sosialisasi penggunaan masker yang tepat.

Tidak dapat dipungkiri, kemajuan teknologi yang semakin pesat ini dapat membuka berbagai peluang baru dalam hal yang baik, maupun hal yang buruk. Kemudahan dalam mengakses data merupakan salah satu hal positif yang berkembang dan merupakan efek dari kemajuan teknologi. Namun hal ini dapat menjadi suatu persoalan dan berkembang menjadi hal yang buruk apabila data yang diakses merupakan data pribadi yang seharusnya bersifat rahasia.

Berita mengenai kebocoran data pada platform-platform besar pun kian marak terjadi dan masih menjadi persoalan di berbagai belahan dunia. Apalagi regulasi mengenai perlindungan data pribadi belum memiliki dasar hukum yang dapat menjamin keamanan data pribadi belum dimiliki oleh semua negara, termasuk Indonesia. Namun, belum semua warga mengetahui mengenai data pribadi dan pentingnya menjaga keamanan data pribadi.

Salah satu program KKN Tim II Undip tahun 2020/2021 ini adalah melakukan edukasi mengenai pentingnya menjaga keamanan data pribadi di Internet. Program ini dilakukan dengan menempelkan poster edukasi di sekitar lingkungan warga RW 02 di Kelurahan Sambiroto, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

Poster edukasi yang ditempelkan ini, diharapkan dapat membantu warga sekitar untuk lebih waspada dan menjaga keamanan data pribadi di internet. Poster edukasi ini berisi dengan alasan dan urgensi untuk menjaga keamanan data pribadi, kemudian disertai juga dengan jenis-jenis dari data pribadi, serta tips untuk menjaga keamanan data pribadi.

Selain itu, mencegah penularan COVID-19 juga merupakan salah satu kekhawatiran yang dirasakan, padahal terdapat banyak cara untuk mencegah penularan covid-19, seperti melakukan vaksinasi dan juga menerapkan 5M dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu hal yang penting dari Program 5M yaitu mengenakan masker. Namun, masih banyak yang belum mengetahui mengenai penggunaan masker yang tepat.

Menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention), penggunaan masker yang baik adalah masker yang pas saat digunakan dan masker yang memiliki lapisan yang cukup untuk menyaring udara yang masuk.

Sosialisasi penggunaan masker yang tepat ini dilakukan melalui blog yang kemudian disebarkan melalui grup whatsapp. Sosialisasi melalui blog ini dilakukan agar informasi yang dipaparkan akan lebih jelas, serta dapat menambahkan referensi video sebagai contoh, juga mengurangi adanya aktivitas bertemu secara fisik selama masa PPKM berlangsung. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan warga dapat menggunakan masker dengan baik dan benar, sehingga dapat mencegah penularan covid-19.

Kedua program ini pun mendapatkan respon yang baik dari warga, dan diharapkan dapat membantu memahami pentingnya menjaga data pribadi dan membantu memahami penggunaan masker yang tepat, sehingga dapat mencegah penularan covid-19.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x