Mohon tunggu...
Alisa Balqis
Alisa Balqis Mohon Tunggu... Mahasiswa IPB 53

Love yourself.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa KKN IPB Edukasi Manfaatkan Barang Bekas di SDN 01 Kertajati

16 Agustus 2019   15:20 Diperbarui: 16 Agustus 2019   15:23 0 0 0 Mohon Tunggu...
Mahasiswa KKN IPB Edukasi Manfaatkan Barang Bekas di SDN 01 Kertajati
dokpri

Pada hari Jum'at 19 Juli 2019, Mahasiswa KKN IPB-UNMA menjalankan program kerja yang diberi nama celengan ekonomi. Celengan Ekonomi adalah program kerja yang memberikan pengetahuan serta pemahaman tentang pentingnya menabung demi menggapai masa depan yang cerah. 

Program kerja celengan ekonomi diadakan di SDN 01 Kertajati dengan fokus utama kegiatan untuk anak- anak kelas 3 SD, dikarenakan anak kelas 3 SD sudah cukup memahami dan mengerti jika diberi penjelasan tentang arti pentingnya menabung untuk masa depan.

Kegiatan berjalan dengan lancar, dimana anak-anak SDN 01 Kertajati sangat antusias mendengarkan materi yang diberikan oleh mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata). Mayoritas anak-anak kelas 3 SD memiliki cita-cita dan keinginan dimasa depan menjadi Dokter, karena hampir kebanyakan anak-anak yang ingin menjadi Dokter mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) mencoba memberikan sedikit pemahaman kepada anak-anak agar cita-citanya nantinya dapat tercapai.

Biaya kuliah jika ingin menjadi dokter cukup mahal, mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) mencoba memberikan pemahaman agar cita-cita mereka dapat tercapai maka diperlukan aktivitas menabung sejak dini untuk menggapai masa depan yang cerah.

Setelah pemberian materi dan pemahaman tentang pentingnya menabung selanjutnya dilakukan pembuatan kreasi celengan ekonomi dengan memanfaatkan barang-barang bekas. Barang bekas utama untuk pembuatan kreasi celengan yaitu berupa botol bekas air mineral 600ml yang sudah tidak terpakai, kemudian dibentuk lukisan-lukisan ataupun melakukan kreasi melukis di botol bekas tersebut agar terlihat indah dipandang.

Selain menggunakan botol bekas yang merupakan bahan utama, kuas yang digunakan untuk melukis dibotol bekas tersebut juga dibuat dari barang bekas, dimana kuas dibuat dengan memanfaatkan ujung dari puntung rokok yang sudah terbuang. Dimana ujung puntung rokok yang berbentuk busa lalu diikat dengan lidi bekas dari tusuk sate sehingga dapat dipergunakan menjadi pengganti kuas.

Kreasi pembuatan celengan dilakukan dengan memanfaatkan barang bekas agar anak-anak SDN 01 Kertajati mengetahui ataupun memberikan informasi baru bahwa barang bekas tidak selalu menjadi barang bekas melainkan barang bekas jika diolah atau dimanfaatkan maka dapat menimbulkan manfaat yang besar.

Pembuatan kreasi celengan diawali dengan memberikan contoh kepada anak-anak agar menjadi patokan mereka untuk berkreasi setelah itu mereka langsung diarahkan untuk membuat kreasi celengan. Alat dan bahan sudah disediakan oleh mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata), anak-anak SD hanya membuat kreasi celengan mereka dengan semenarik mungkin.

dokpri
dokpri
Kegiatan lalu ditutup dengan memberikan apresiasi kepada anak-anak SD yang menghasilkan kreasi celengan paling menarik. Setelah kegiatan ditutup anak-anak SD memilih untuk membawa kreasi celengan yang telah mereka buat dengan harapan agar mereka bisa mencoba menabung di celengan yang telah mereka kreasikan sendiri dengan kreativitas yang mereka miliki.