Mohon tunggu...
Alirman Djamereng
Alirman Djamereng Mohon Tunggu... I am Flowman but not Superman

Mencoba menulis untuk merawat nalar dan pikiran; email: alirmandjamereng73@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

"Maaf Ya, Saya Bukan Sales..."

15 Juli 2020   22:52 Diperbarui: 16 Juli 2020   19:40 557 19 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Maaf Ya, Saya Bukan Sales..."
ilustrasi mendapat penghasilan tambahan. (sumber: SHUTTERSTOCK/Beeboys via kompas.com)

"Maaf ya, saya bukan sales, lho," kata seorang wanita di sela-sela arisan sosialita di sebuah Cafe ternama. Dia terus menawarkan produk kecantikan berbasis MLM dengan target menjual produk sebanyak banyaknya untuk sebuah reward dari pembeli pemakai sendiri maupun sebagai downline.

Kata-kata tersebut sering terdengar dari seseorang yang menghindari penyematan profesi sales pada dirinya dengan berbagai alasan. 

Sejatinya wanita tersebut adalah seorang sales, apapun alasannya. Tapi umumnya sebagian orang berpikir bahwa profesi sebagai seorang sales adalah sebuah profesi yang kurang bergengsi. 

Konotasi dan pikiran langsung terbayang ke salesman/salesgirl yang menawarkan produk barang/jasa dari rumah ke rumah, mencegat calon pembeli di lobby mall atau malah yang nekat masuk ke kantor-kantor atau rumah makan. 

Makanya sering sebuah kantor atau rumah makan, bahkan sebuah kompleks perumahan memasang papan pengumuman, "Tidak menerima Pedagang, Peminta sumbangan dan Sales'. Rasanya begitu merasuk ke jantung, hehehe...

Profesi sales atau penjual sebenarnya merupakan ujung tombak dari sebuah perusahaan produksi barang maupun jasa. Perusahaan yang besar biasanya sangat menaruh perhatian dalam membangun tim penjualan mereka. 

Memiliki tim yang andal tentu dapat meningkatkan penjualan produk barang maupun jasa berdasarkan target yang ada. 

Dari tim penjualan yang handal, kondisi dan kecenderungan pasar serta trend yang ada dapat diketahui karena mereka berhubungan langsung dengan pembeli. Ini sangat penting untuk menentukan stategi produk dan penjualan ke depannya.

Memang sekarang profesi sales menjadi profesi yang dianggap kurang bergengsi dan tidak mampu memberikan kehidupan yang mapan. 

Banyak perusahaan kecil menengah merekrut sales lapangan dengan persyaratan yang sangat mudah. Bermodal Surat Lamaran Kerja, KTP, punya kendaraan pribadi serta berpenampilan menarik sudah cukup untuk menjadi sales door to door.  T

entunya ini sah-sah saja dan disesuaikan dengan kebutuhan dari perusahaan tersebut. Namun sebagai seorang sales, ini bisa menjadi sebuah tempat untuk belajar menempa diri untuk kemudian menjadi seorang seorang sales profesional di Perusahaan besar dan berpenghasilan tinggi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN