Mohon tunggu...
Alip zawahri
Alip zawahri Mohon Tunggu... Mahasiswa

Makan-tidur

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Content Creator

24 Juni 2021   12:53 Diperbarui: 24 Juni 2021   12:57 63 1 0 Mohon Tunggu...

Hai teman-teman perkenalkan, nama saya Alip Zawahri. Saya berkuliah di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta dengan program studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Sastra, Budaya dan komunikasi.
Oke, disini saya akan menjelaskan sudut pandang pribadi mengenai apa saja metode yang digunakan? Apa saja kekurangan yang masih harus diperbaiki, agar kontenmu bisa lebih baik lagi?
 
Oke yang pertama kita harus tau apa itu content creator? Content creator atau Pembuatan konten adalah kontribusi informasi ke media apa pun dan terutama media digital untuk pengguna dalam konteks tertentu, Konten adalah "sesuatu yang ingin diekspresikan melalui beberapa media, seperti pidato, menulis atau berbagai seni" untuk mengekspresikan diri, distribusi, pemasaran atau publikasi. Konten yang dihasilkan oleh content creator bisa dalam bentuk artikel, foto, vidio dan lain lainnya. Anda juga bisa menggunakan atau membuat konten tersebut untuk diposting melalui di beberapa media sosial pada umumnya, content creator akan menggunakan banyak sekali platform dalam menyebarkan konten yang sudah mereka produksi. Jadi, selain Instagram, Youtube, Facebook atau TikTok, mereka juga menggunakan blog, infografik dan juga ebook untuk bisa menyebarkan seluruh kontennya. Seorang content creator akan membuat konten sesuai dengan tujuan m pembuatan konten. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk menjelaskan strategi pemasaran yang akan kita lakukan dan konten yang ingin diciptakan.
Pengalaman saya membuat konten untuk berbisnis, lebih tepatnya melakukukan strategi pemasaran dengan membuat content marketing. Sayangnya membuat konten untuk dipromosikan perlu skill dan pemahaman yang baik. Dalam membuat strategi content marketing kita harus membutuhkan konten yang menarik dan berkualitas. Selain itu kita membangun konsistensi branding, Seorang content creator mampu merealisasikan strategi dalam bentuk karya-karya yang unik dan menarik. Misalnya, dalam penggunaan font dan warna yang tepat sesuai dengan brand image kita atau memiliki ciri khas tersendiri.
Membantu kita tampil dengan expert, Konten yang relevan dan bermanfaat dapat membantu pelanggan mengenal kita sebagai ahli dibidangnya. Dengan konten-konten tersebut, bisnis Kitapun semakin dipercaya oleh pelanggan.  dalam hal ini kita sebagai content creator akan sangat membatu menciptakan konten-konten sesuai yang di inginkan oleh pelanggan. Setelah itu kita mengolah dan membuat strategi konten, membangun konten yang konsisten membutuhkan strategi dan perencanaan yang tepat. Pertama kita harus mengetahui siapa pasar brand kita, apa kebutuhan target brand kita, dan kapan kita harus mempublis konten brand kita. Sebagai contoh, target pasar kita seorang pemula yang ingin belajar bisnis online, maka konten perlu dibuat mudah dipahami dan dipelajari. Nah, content creator dapat memudahkan kuta dalam melakukan proses ini. Kitajadi mudah mencapai tujuan pemasaran karena pembuatan konten sesuai dengan perencanaan yang tepat. Oleh karna itu peran content creator sangat dibutuhkan dalam strategi marketing bisnis kita. Mulai dari membantu kita menghasilkan konten yang menarik, membangun konsistensi branding, hingga membuat konten lebih mudah ditemukan.  Sebagai pembuat konten, tentu perlu memiliki kemampuan menghasilkan konten yang baik, komunikasi yang baik, hingga pemahaman SEO yang baik supaya tujuan digital p kita sukses. Semua ini dapat membantu kita dalam meningkatkan kesuksesan bisnis.
Ketika kita menjadi content creator atau bekerja sama content creator, yang pertama content creator harus memiliki ide-ide yang kreatif karena suatu konten yang menarik dan orisinil umumnya tercipta dari berbagai ide yang kreatif. Selain itu, konten juga harus bisa disesuaikan dengan bisnis kita, sehingga promosi konten yang kitaproduksi akan sukses dan juga sesuai dengan target audiens. Oleh karena itu, Kita harus bisa memilih content creator atau menjadi content creator yang mempunyai tingkat kreativitas tinggi.
Yang ke dua Mempunyai kemampuan riset yang baik, hasil konten yang baik bisa diperoleh dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan cara melakukan riset. Cara ini akan membantu kita dalam membuat konten yang memang diperlukan oleh target audiens kita. Untuk itu, seorang content creator harus mampu memiliki kemampuan riset yang sangat baik. Ada banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk melakukan riset atau mencari refrensi untuk konten kita menggunakan Google Trends, Google Analytic, dll.
Selanjutnya teman-teman harus menguasahu tools pendukung, Keterampilan dan juga pengetahuan yang tinggi harus bisa didukung dengan tools agar hasilnya menjadi lebih maksimal. Sebagai contoh, dalam hal produksi video marketing, maka diperlukan keterampilan dalam menguasai tools editing video agar bisa menghasilkan video yang baik.
Umumnya, seorang content creator memiliki keterampilan dalam membaca dan juga menggunakan tools analytics seperti Google Analytic untuk bisa memantau, mengevaluasi dan juga memaksimalkan performa kontennya.
Setelah itu content creator juga harus memounyaj Kemampuan Komunikasi Baik
Seorang content creator juga  harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Keterampilan ini menjadi sangat penting untuk menghindari terjadinya miskomunikasi dalam hal berkoordinasi dengan kita. Jadi, project yang kita jalankan bisa berjalan dengan baik dan sempurna. Dan yang terakhir Seorang content creator pun harus bisa memahami teknik SEO agar strategi content marketing nya bisa berjalan secara maksimal. Nah, teknik SEO ini bisa membantu suatu konten dilihat dan dijangkau oleh banyak orang. Selain itu, kita juga harus menginformasikan tujuan dari bisnis kita pada mereka agar mampu menghasilkan suatu konten yang sesuai dengan tujuan kita.
Jadi dapat kita simpulkan content creator memiliki peran yang sangat diperlukan untuk strategi marketing kita, mulai dari membantu kita dalam memproduksi konten yang menarik, menciptakan konsistensi branding, sampai membuat konten yang lebih mudah ditemukan. Nah untuk content creator sendiri, mereka harus mampu menghasilkan suatu konten yang menarik, teknik komunikasi yang baik, hingga pemahaman SEO yang baik agar tujuan digital marketing kita berjalan dengan baik. Semua hal tersebut akan membantu kita dalam meningkatkan tingkat kesuksesan bisnis kita.

VIDEO PILIHAN