Mohon tunggu...
Ali Musri Syam
Ali Musri Syam Mohon Tunggu... Belajar Menulis

Pekerja, peduli dan tertarik dunia olahraga khususnya sepakbola, dunia satra, dan sosial politik. Karena Menulis adalah cara paripurna mengeja zaman, menulis adalah jalan setapak menjejalkan dan menjejakkan kaki dalam rautan sejarah, menulis menisbahkan diri bagi peradaban dan keberadaban. (Bulukumba, Makassar, Balikpapan, Penajam Paser Utara) https://www.facebook.com/alimusrisyam https://www.instagram.com/alimusrisyam/

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

As Roma: Antara Batistuta dan Koleksi Jersey

6 Mei 2021   01:14 Diperbarui: 6 Mei 2021   01:20 1081 74 15 Mohon Tunggu...
Lihat foto
As Roma: Antara Batistuta dan Koleksi Jersey
Koleksi Jersey As Roma Sejak 2000 (Dokpri @AMS99)

“Setiap orang memiliki hobi, kecenderungan memilih suatu hobi tertentu karena kesenangan pada objeknya. Umumnya kesenangan itu adalah tentang sesuatu yang berhubungan dengan passion. Di sana akan di temukan rasa penasaran, gairah dan antusias yang luar biasa” [AMS99]

Hobi dalam defenisi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kegemaran, kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama.

Jika melihat defenisi tersebut, kita dapat mengambil sebuah kesimpulan sederhana, bahwa hobi adalah sesuatu hal yang kita gemari atau senangi lebih dari yang lainnya, tetapi hal tersebut bukanlah pekerjaan utama. Jadi bekerja itu bukan hobi tapi tuntutan hidup.

Contohnya. Sebagai karyawan perusahaan, seseorang bekerja sebagai operator komputer. Sebagai konsekuensi logis pekerjaannya setiap hari berhubungan dengan perangkat komputer.  Bukan berarti itu adalah hobinya. Melainkan hanya sebagai tuntutan pekerjaan saja.

Hobinya adalah sesuatu yang di gemari atau disenanginya diluar pekerjaan tersebut, misalnya main game, olahraga sepakbola, memancing dan sebagainya. Coba aja tanya pemain sepak bola, ketika di tanya perihal hobi dia akan jawab sesuatu diluar pekerjaannya seperti main golf, berkuda, memancing dan lain-lain.

Baca Juga: https://www.kompasiana.com/alimusrisyam/607ed5e5d541df5ec009a962/senjata-pamungkas-itu-bernama-kojima-madu-lengkap-menjaga-nutrisi-berpuasa

Hampir semua orang memiliki hobi, begitu juga halnya dengan saya dan Anda. Tetapi ada orang yang menganggap bahwa melakukan kegiatan yang kita suka hanya menyia-nyiakan waktu saja.

Mungkin itu ada benarnya, jika kecenderungan kita terlalu berlebihan dan melupakan sesuatu hal yang lebih prioritas dalam hidup yaitu sesuatu yang berhubungan dengan hajat hidup. Mari kita pikirkan sama-sama, siapa tahu memang begitu adanya.

Saya sendiri memiliki beberapa hobi seperti membaca, menulis, dan sepakbola.

Khusus hobi yang disebutkan terakhir, masuk dalam kategori akut, segala hal yang berhubungan dengan sepakbola saya sangat gandrungi. Mulai dari bermain sepakbola itu sendiri, menonton pertandingan baik secara langsung di venue pertandingan, di stadion maupun lapangan biasa.

Saat masih ada tabloid atau majalah olahraga, saya juga rutin membelinya seperti bola, soccer, GO, sportif, tabloid liga italia dan lain-lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN