Mohon tunggu...
Alimudin Garbiz
Alimudin Garbiz Mohon Tunggu... Dosen - Berbagi Kebahagiaan, Berbuat yang Terbaik

Dosen Universitas Garut (UNIGA) dan Sekolah Tinggi Hukum (STH) Garut

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Sinergi Polres Garut dan ANIES Garut serta Dermawan untuk Masyarakat Dhuafa

24 September 2022   08:52 Diperbarui: 24 September 2022   09:41 216 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kapolres Garut melalui Kanit Bin Tibmas Sat Binmas Memberikan Kursi Roda dan Santunan dari Dermawan dalam Program Berbagi Juma't Berkah, Doc Alimudin Garbiz

Relawan Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) terus bergerak dalam rangka mendekatkan diri dengan masyarakat di kalangan bawah. Tidak hanya melakukan sosialisasi tentang Anies baswedan yang terus diusung untuk menjadi Presiden RI 2024, para relawan terus bergerak melakukan kegiatan sosial dan membantu masyarakat yang membutuhkan. 

Relawan ANIES Garut tidak bekerja sendiri, akan tetapi melakukan silaturrahmi dan kolaborasi dengan berbagai kalangan. Diantaranya Memberikan bantuan pengobatan gratis, santunan dan pemberian kursi roda kepada masyarakat yg sangat membutuhkan bantuan cepat. Bekerjasama dengan Kepolisian dari Polres Garut, Polsek Tarogong Kidul, Lembaga Amil Zakat Nahdlatul Ulama (LAZISNU), Bale Khitan Garut, Klinik Cisanca, Kelurahan Jayawaras, Pendamping PKH, RW dan RT setempat serta Paguyuban Warga Masyarakat Bantaran Rel Garut (PWMBR).

Berkomunikasi Berkomunikasi dengan Anak-anak Bantaran Rel Garut. Doc Alimudin Garbiz
Berkomunikasi Berkomunikasi dengan Anak-anak Bantaran Rel Garut. Doc Alimudin Garbiz
Sinergi dilakukan dengan kegiatan rutin yang rutin dilakukan oleh Kapolres Garut (AKBP Wirdhanto Hadicaksono, S.I.K., M.Si)
berupa program "Jum'at Berkah" berupa bantuan pengobatan gratis, pemberian kursi roda dan bantuan sembako kepada masyarakat kurang mampu dan sakit akut. Pelaksana Tugas dari Kapolres dilakukan oleh Kanit Bin Tibmas Sat Binmas Polres Garut Aipda Umar Taufik S.Sos.I , Ba Bin Tibmas Sat Binmas Brigadir Imam Qusyaeri. dan Pengobatan Gratis dilakukan dengan melibatkan Kasi Dokkes Polres Garut Penata Tk I Aceng Ridwan,S.Kep.Ners. Pengobatan Gratis dan pendampingan juga dilakukan oleh dr.Daud situmorang, Bapak Yogi,A.Md.Kep dan Bapak angga dari Bale Khitan Paseban (BKP) dan Klinik Cisanca.

Kegiatan 'Jum'at Berkah' dilakukan dengan penyerahan Kursi Roda, bantuan sembako dan uang tunai yang secara simbolis diserahkan oleh Tim Jum'at Berkah Polres Garut yang diwakili Aipda Umar Taufik S.Sos.I dan Anggota. Kegiatan juga didampingi oleh Babhinkamtibmas Polsek Tarkid Bripka Andri, Bpk.H.Atjeng Muhyiddien,MM Perwakilan Dermawan Garut dan Asgar Jaya Jakarta yang juga Da'i Kamtibmas Polres Garut. dr.Daud situmorang,Bapak Yogi,A.Md.Kep dan Bapak Angga dari bale Khitan Paseban (BKP).
Ibu Risa (Kasie Kesejahteraan) dan Ibu Diah Staff Pemerintahan Kel.Jayawaras. Ibu Anggit dari PPKH Kelurahan Jaya Waras, Kec.Tarogong Kidul. Kepala Rw dan Rt Kampung Pedes. Tokoh Masyarakat dan Agama


Kegiatan pada tanggal 23 September 2022, kegiatan difokuskan pada Sasaran di Kelurahan Jayawaras Kecamatan Tarogong Kidul Wilkum Polsek Tarogong Kidul dengan penerima manfaat bantuan sebagai berikut :

Penerima Pertama
Nama : Ibu Aan Supartini
Umur  : 43 Tahun
Alamat : Kp.Pedes,Rt.03/Rw.06,Kel.Jawayaras,Kec.Tarogong Kidul
Status : Cerai Hidup,Hidup Dengan 5 Anak ,Kondisi sakit Lumpuh sudah 4 Tahun,Makanan sehari Hari dapat dari swadaya Masyarakat

Penerima keDua
Nama : Ibu Itoh Masitoh
Umur  : 72 Tahun
Alamat : Kp.Pedes,Rt.03/Rw.06,Kel.Jawayaras,Kec.Tarogong Kidul.
Kondisi : Mata Katarak dan baru di operasi 1 mata di sebelah Kanan,Sakit Telinga sebelah Kanan,terkadang Sesak Nafas,dan Sakit ketika Berjalan.Kondisi Tinggal berdua Bersama Suaminya yang sudah tidak bekerja lagi dan Memiliki 3 Anak yang sudah berpisah karena ada yang sudah menikah dan Bekerja. Sehari hari mengandalkan dari Anak Anaknya.

H. Atjeng (Asgar Jaya & Dermawan) & Aipda Umar Taufik S.Sos.I  (Polres Garut) menengok Ibu Itoh dan Pak Ojo (Tukang Beca)  Doc Alimudin Garbiz
H. Atjeng (Asgar Jaya & Dermawan) & Aipda Umar Taufik S.Sos.I  (Polres Garut) menengok Ibu Itoh dan Pak Ojo (Tukang Beca)  Doc Alimudin Garbiz
Penerima yang ketigaNama : Ibu Idah Sukidah
Umur : 43 Tahun
Alamat : Kp.Pedes Rt.03/Rw.07,Kel.Jayawaras,Kec.Tarogong Kidul,Kab.Garut
Kondisi : Hidup bersama ke 4 Cucu nya,Suami sedang kerja di Daerah Jakarta, memiliki Sesak Nafas dan Darah Tinggi,dan Sakit ketika berjalan.
Mendoakan Ibu Idah setelah diperiksa kesehatannya. Doc Alimudin Garbiz
Mendoakan Ibu Idah setelah diperiksa kesehatannya. Doc Alimudin Garbiz
Penerima yang keEmpatNama : Ibu Tina
Umur : 49 Tahun
Alamat : Kp.Pedes,Rt.03/Rw.07,Kel.Jayawaras,Kec.Garut Kota,Kab.Garut.
Kondisi : Kondisi Kepala Keluarga bersama  3 Anaknya terutama Anak terakhirnya yang masih duduk dibangku Sd kelas 4,Suaminya Meninggal sudah 6 Bulan,Memiliki Penyakit Darah Tinggi.

Ibu Tinah sedang diperiksa kesehatannya. Doc Alimudin Garbiz
Ibu Tinah sedang diperiksa kesehatannya. Doc Alimudin Garbiz
Kegiatan jumat berkah ini merupakan kegiatan rutin Polres Garut di bawah Pimpinan Bapak AKBP Wirdhanto Hadicaksono, S.I.K., M.Si dengan tujuan sosial agar terciptanya Polisi yang Humanis.Untuk Jum'at kali ini menyasar masyarakat berpenghasilan rendah dan mempunyai penyakit yang sudah menahun. Pada jam 19.30 Wib acara selesai dilaksanakan dengan baik dan lancar. 

Dindin Jaelani (Ketua Paguyuban Warga Masyarakat Bantaran Rel/PWMBR Garut) dan Alimudin sebagai Sekretaris Paguyuban Masyarakat Rel Garut (PWMBR) dan Koordinator Aliansi Nasional Indonesia Sejahter (ANIES Garut) mengucapkan terima kasih atas bantuan Polres Garut, Asgar Jaya, Bale Khitan Paseban (BKP) Garut, Klinik Cisanca, dan seluruh Dermawan yang telah menyumbangkan dan mensukseskan program untuk masyarakat bawah ini. Hal senada berupa terima ksaih disampaikan oleh Bapak La Ode Basir sebagai Koordinator Pusat Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES), kegiatan-kegiatan serupa berupa bantuan dan bakti sosial dapat terus dilakukan dengan lebih terprogram dan tepat sasaran.

Semoga seluruh Dermawan dilancarkan urusannya dan dilancarkan rezkinya oleh Allah SWT dan masyarakat yang sakit disehatkan oleh Allah SWT dan diberikan jalan keluar oleh Allah SWT dalam kehidupannya....!

-Alimudin Garbiz (Indonesian Collaborative Institute)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan