Mohon tunggu...
Tim PHP2D HMJ HKn UM
Tim PHP2D HMJ HKn UM Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar/Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Sadar Potensi Wisata, Tim PHP2D Universitas Negeri Malang Bersama Karang Taruna Membentuk Komunitas Sadar Wisata di Desa Parang

23 Oktober 2021   21:23 Diperbarui: 23 Oktober 2021   21:28 63 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar 1.1 Foto Tim PHP2D dengan Ketua Komunitas Sadar Wisata.dokpri

Tanggal 13 September 2021 tepatnya di Balai Dusun Goliman, Desa Parang, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri. Tim PHP2D HMJ HKn Universitas Negeri Malang Bersama dengan karang taruna di dusun Goliman membentuk sebuah komunitas yang sadar akan potensi wisata yang ada, karena menyadari adanya potensi wisata yang berupa air terjun yang masih alami dan belum terkelola dengan baik.

Kegiatan pembentukan komunitas sadar wisata ini diawali dengan pembukaan, pembacaan doa, serta sambutan-sambutan oleh ketua Tim PHP2D dan juga Perwakilan dari karang taruna dusun Goliman. Pembentukan komunitas sadar wisata ini di koordinatori oleh Tim dari PHP2D yang juga selaku penanggung jawab kegiatan. Pembentukan dari komunitas sadar wisata ini dilakukan bebarengan dengan sosialisasi potensi wisata alam dan hayati di desa Parang, dalam proses pembentukan komunitas sadar wisata ini Ketua karang taruna dari dusun Goliman yang bernama mas Na'im sekaligus dipilih sebagai Ketua dari komunitas sadar wisata yang di bentuk, setelah itu juga di bentuk seksi-seksi yang mempunyai tugas masing-masing. Seksi-seksi itu adalah.

Yang pertama seksi keamanan dan ketertiban yang bertugas membantu upaya penciptaan ketertiban dan keamanan di sekitar lokasi daya tarik wisata/destinasi Pariwisata dan juga Bekerjasama dengan pihak keamanan.Yang kedua adalah seksi kebersihan dan keindahan yang bertugas menyelenggarakan kegiatan kebersihan dan keindahan  dan menyelenggarakan penghijauan.Yang ketiga adalah seksi daya tarik yang bertugas Menggali, membina dan Mengembangkan berbagai potensi sumber daya wisata, serta keunikan dari potensi wisata yang ada sebagai daya tarik dan unsur kenangan setempat dan yang terakhir adalah Mempromosikan berbagai daya tarik wisata dan keunikan lokal.Yang keempat adalah seksi hubungan masyarakat dan potensi SDM yang bertugas Mengembangkan bentuk-bentuk informasi dan publikasi kepariwisataan dan kegiatan dari Komunitas, Mengembangkan kemitraan untuk kegiatan pelatihan pariwisata bagi anggota komunitas dan masyarakat. Yang terakhir adalah seksi Pengembangan Usaha yang bertugas Menjalin hubungan dan kerjasama/ kemitraan, baik di dalam maupun di luar berkaitan dengan pengembangan usaha kelompok.

Terlaksananya sosialisasi komunitas sadar wisata di dusun Goliman terbentuklah kepengurusan dari komunitas sadar wisata sebagai berikut. Ketua oleh Naim, Sekretaris oleh Ayu, Bendahara oleh Yulistiana, Ketua Divisi Keamanan dan Ketertiban oleh Adi, Ketua Divisi Daya Tarik dan Kenangan oleh Yono, Ketua Divisi Kebersihan dan Keindahan oleh Tinta, Ketua Divisi Humas dan Pengembangan SDM oleh Sigit dan Ketua Divisi Pengembangan Usaha oleh Lia. Dari banyaknya anggota karang taruna yang datang menandakan bahwa masyarakat sangat antusias dengan diadakannya sosialisasi sadar wisata oleh Tim PHP2D HMJ HKn Universitas Negeri Malang. Setelah terbentuknya komunitas sadar wisata pun masyarakat lebih bersemangat dalam mengembangkan potensi wisata alam yang ada di desa Parang khususnya Air Terjun Ngleyangan.

Gambar 1.2 Komunitas Sadar Wisata Desa Parang.dokpri
Gambar 1.2 Komunitas Sadar Wisata Desa Parang.dokpri

Setelah adanya pembentukan komunitas sadar wisata ini diharapkan bisa membantu dalam perkembangan yang akan dilakukan di wisata yang ada serta membantu meningkatkan ekonomi masyarakat setelah wisata tersebut terkelola dengan baik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan