Mohon tunggu...
Alika Tanaya
Alika Tanaya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

alika tanaya / 6082201039 / adbis 22

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi 8

28 November 2022   13:03 Diperbarui: 28 November 2022   13:06 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada 21 November 2022, saya mulai mengerjakan tugas Geladi Hominisasi yang berupa gform. Tugas tersebut berisikan 2 tugas, yaitu menjelaskan syair yang menarik lagu Indonesia Raya 3 stanza dan tugas 2 memilih satu documenter singkat dan menjawab beberapa pertanyaan yang terkait. Lalu saya mengikuti Geladi Hominisasi pada 27 November 2022 dari pukul 08.00 hingga 13.00. Saya mendapatkan banyak pelajaran dan saya ditemukan dengan teman-teman baru yang asik. 

Pengalaman saya mengikuti kegiatan ini sangat memuaskan dan kegiatan berjalan dengan lancar. Menurut saya, kemampuan menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara perlu dilakukan karena kemampuan menggunakan logika penting agar warga negara bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah.

 Sebagai contoh, sekarang ini banyak sekali media berita yang menyebarkan berita palsu atau sering disebut dengan hoax yang dapat menggiring opini negatif dan memecah belah bangsa, tetapi dengan menggunakan logika, warga negara jadi lebih bisa membedakan apakah berita tersebut benar atau tidak. Sedangkan kemampuan menggunakan bahasa perlu karena dengan menggunakan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat dapat berkomunikasi secara leluasa dengan orang yang berasal dari berbagai suku bangsa dan bahasa yang berbeda.

Manfaat yang saya dapatkan dari mengikuti kegiatan Geladi Hominisasi yaitu antara lain, saya mendapatkan banyak wawasan baru tentang tema-tema yang dibawakan oleh berbagai kelompok, seperti hari pohon sedunia, hari toleransi internasional, hari wayang nasional, bahkan hari anti kekerasan terhadap perempuan. 

Geladi Hominisasi juga melatih saya untuk menyampaikan pendapat ketika diskusi dan melatih kerja sama tim, serta melatih saya untuk berani berbicara di depan umum yaitu dengan presentasi. 

Kemampuan yang saya dapat dari Geladi Hominisasi tentunya akan saya terapkan dalam perjalanan kuliah, yang berupa kemampuan dalam bersosialisasi dengan sesame mahasiswa dan ketika berpresentasi kita tidak boleh menggunakan bahasa-bahasa informal/gaul, harus menguasai materi yang hendak dipresentasikan, dan percaya diri sehingga dapat menarik perhatian penonton. 

Cara saya untuk meningkatkan kemampuan dalam berbahasa sebagai warga negara adalah dengan menggunakan bahasa Indonesia saat berkomunikasi yang digunakan sebagai bahasa sehari-hari dan melatih untuk berbicara di depan umum (public speaking) sehingga kemampuan berbahasa saya akan meningkat.

Sedangkan, cara saya untuk meningkatkan kemampuan dalam berpikir adalah dengan membiasakan diri untuk berpikir kritis, berpikir panjang sebelum melakukan dan memutuskan sesuatu, dan selalu mencoba berpikir secara objektif dan logis.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun