Mohon tunggu...
Alif Izzulhaq
Alif Izzulhaq Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa fakultas ushuluddin universitas Al Azhar, Kairo

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Menghadapi Krisis Iklim: Tantangan dan Solusi untuk Generasi Selanjutnya

19 Januari 2024   13:03 Diperbarui: 19 Januari 2024   13:09 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi penyebab perubahan iklim (pixabay/marcinjozwiak)

Tidak bisa dipungkiri bahwa beberapa dekade terakhir semua umat manusia di bumi memiliki sebuah masalah yang sama, yaitu masalah krisis iklim. Dalam beberapa dekade terakhir beberapa masalah yang termasuk di dalam krisis iklim semakin memburuk, seperti kerusakan lingkungan, baik dari faktor manusia atau alam, pemanasan global, dan perubahan iklim yang kian cukup ekstrem.

Krisis iklim merupakan masalah yaang harus mendapatkan perhatian penuh dari berbagai pihak saat ini. Karena jika kita terus mengabaikan masalah ini, maka masalah ini akan menjadi ancaman bagi kehidupan banyak orang di muka bumi.

Oleh karena itu masalah ini menjadi sebuah tantangan serius bagi generasi sekarang dan generasi yang akan datang. Meskipun masalah ini merupakan masalah serius bukan berarti masalah ini tidak memiliki solusi sama sekali. Ada banyak solusi yang dapat dengan mudah dilakukan, namun semua solusi tersebut harus kembali kepada kesadaran diri masing.

Diantara tantangan yang paling menonjol saat ini adalah meningkatnya suhu bumi sekitar sepersepuluh derajat celcius. Hal ini tentunya bukan lagi masalah yang bida dianggap ringan. Menurut data yang dilaporkan oleh Organisasi Meteorologi dunia (WMO) menunjukkan, bahwa emisi gas rumah kaca yang ada saat ini terus meningkat sejak tahun 2022. Bahkan pada tahun 2023 bumi mencetak rekor dengan suhu terpanasnya.

Kenaikan suhu tersebut diperkirakan dapat terus meningkat selama beberapa minggu atau beberapa bulan di tahun 2024. Peningkatan suhu ini juga tidak luput dari berbagai kegiatan manusia yang juga ikut memperparah masalah ini. Beberapa diantara kegiatan yang memperparah masalah ini adalah kegiatan eksploitasi bahan bakar fosil, pembangkit listrik dengan bahan bakar batu bara, penggunaan transportasi bermotor yang berlebihan dimana hal tersebut dapat memicu peningkatan emisi CO2. Jika kegiatan tersebut terus dibiarkan untuk dilakukan tanpa ada pengurangan, maka peningkatan suhu bumi dapat semakin parah dan berpotensi membahayakan kehidupan manusia. 

Sejatinya ada banyak solusi yang bisa dilakukan untuk menanggulangi permasalahan ini. Solusi ini bisa dimulai dari kehidupan di rumah pribadi sampai dengan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah. Solusi yang bisa kita mulai dari rumah sendiri diantaranya adalah dengan meminimalisir penggunaan kendaraan bermotor. Alangkah baiknya bagi kita untuk membiasakan diri dengan menaiki angkutan umum. Jika tempat yang kita tuju tidak terlalu jauh jaraknya dari rumah kita maka kita dapat pergi dengan berjalan kaki. Selain membantu mengurangi emisi karbon hal itu juga dapat membuat tubuh kita menjadi lebih sehat.

Selain beberapa solusi yang dapat dilakukan oleh seseorang secara pribadi dari rumahnya, pemerintah juga dapat menjalankan solusi yang dapat berpengaruh untuk kehidupan banyak warganya. Pemerintah dapat membuat kebijakan-kebijakan penting yang dapat membantu menanggulangi dampak dari krisis iklim. Diantara beberapa kebijakan yang mungkin bisa dilakukan adalah, memperbaiki dan meningkatkan kualitas transportasi umum sehingga banyak orang yang akan lebih memilih menggunakan transportasi umum daripada kendaraan pribadi. Selain itu pemerintah juga harus gencar untuk terus mengkampanyekan penggunaan energi terbarukan daripada energi yang berbahan dasar fosil. Energi terbarukan merupakan salah satu solusi dalam menghadapi krisis lingkungan yang sedang terjadi karena energi terbarukan jauh ramah lingkungan dari pada energi berbagan dasar fosil.

Itulah beberapa gambaran singkat tentang tantangan dan solusi yang mungkin bisa kita lakukan untuk menghadapi krisis iklim yang sedang terjadi saat ini. Perlu diingat bahwa tanggung jawab untuk menanggulangi krisis iklim yang sedang terjadi bukanlah tanggung jawa dari pihak tertentu, melainkan tanggung jawab bersama bagi setiap orang. Oleh karena itu mari tingkatkan kesadaran diri kita untuk terus menjaga lingkungan demi kehidupan hang lebih baik di masa yang akan datang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun