Mohon tunggu...
Alif Izzulhaq
Alif Izzulhaq Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa dan content writer

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

5 Skill yang Harus Kamu Pelajari Sebelum Memasuki Usia Tua

9 Desember 2022   13:20 Diperbarui: 9 Desember 2022   13:26 216
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi mempelajari skill baru (StartupStockPhotos)

Sebagaimana kita tahu bahwa skill yang kita miliki saat ini akan sangat berpengaruh kepada kehidupan kita di masa yang akan datang. Oleh karena itu penting bagimu untuk mempelajari dan mengasah skill yang kamu miliki mulai saat ini. Skill yang kamu pelajari juga tidak terbatas hanya pada hard skill, namun kamu juga harus mempelajari beberapa soft skill yang sangat penting.

Jika kamu tidak mau mempelajari dan mengasah skill tersebut maka kamu akan kesulitan untuk dapat berjuang dan beradaptasi di masa yang akan datang. Berikut ini adalah beberapa skill penting yang harus kamu kuasai sebelum memasuki usia tua.

1. Mencari relasi

Skill untuk mencari relasi merupakan salah satu skill yang penting untuk dimiliki. Karena sehebat apapun dirimu pasti ada hal yang tidak bisa kamu lakukan dan membutuhkan bantuan orang lain. Oleh karena itu kamu harus mempelajari skill yang dapat membantumu untuk mendapatkan relasi yang baik. Relasi yang baik akan memudahkan dirimu untuk berusaha mencapai kesuksesan.

2. Manajemen waktu

Manajemen waktu merupakan salah satu skill penting yang wajib untuk kamu miliki. Kamu harus ingat bahwa waktu merupakan hal yang sangat berharga. Waktu yang sudah berlalu tidak akan pernah bisa kembali lagi. Skill manajemen waktu yang baik akan membuat dirimu dapat menggunakan waktu untuk kegiatan yang bermanfaat bagi hidupmu.

3. Resilien

Resilien merupakan kemampuan dalam diri kita untuk dapat tangguh dalam setiap kondisi. Tentunya skill ini penting untuk bisa kamu kuasai. karena sejatinya ketika kamu ingin mencapai kesuksesan maka kamu akan diterpa banyak ujian yang terkadang embuat dirimu ingin menyerah. 

Jika kamu sudah menguasai skill ini maka dirimu akan tangguh dan tidak mudah menyerah saat menghadapi setiap ujian dalam kehidupanmu.

4. Financial planning

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun