Mohon tunggu...
Ali Muakhir
Ali Muakhir Mohon Tunggu... Penulis, Blogger, Reviewer, dan Influencer (cp: ali.muakhir@gmail.com)

@KreatorBuku CoFounder dan bergiat di Forum Penulis Bacaan Anak, Forum Lingkar Pena, dan Penikmat wisata. Berikut ini media sosial saya: 1). Blog : http://www.alimuakhir.com/ 2). Instagram : https://www.instagram.com/alimuakhir 3). Twitter : https://twitter.com/KreatorBuku 4). Fanpage : https://www.facebook.com/ali.muakhir Salam Hangat

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Ternyata, Selama Ini Kehidupan Kita Dikelilingi Hasil Tambang

26 Januari 2019   08:10 Diperbarui: 26 Januari 2019   08:24 310 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ternyata, Selama Ini Kehidupan Kita Dikelilingi Hasil Tambang
Hasil Pertambangan Dekat Dengan Kehidupan Kita (Foto Alee)

"Eh, baru nyadar, kalau hasil tambang dekat sekali dengan kehidupan sehari-hari kita," komen Widyaross pada salah satu postingan acara "Mining for Life" di Bandung, yang saya share di akun instagram.

"Kirain tambang cuma buat bahan bakar aja," komentar lain, komentar Mentionasi yang disertai imoji senyum.

Saya rasa bukan cuma WidyaRos atau Mentionasi yang baru sadar kalau sebetulnya, selama ini kehidupan kita dikelilingi hasil tambang. Saya pun sebelum tahu banyak tentang tambang sama seperti mereka, hehehe.

Tidak mengherankan karena sejak kecil informasi yang sering kita dengar tentang tambang kurang berimbang. Informasi yang saya dapat lebih banyak tentang pertambangan yang merusak lingkungan daripada manfaat tambang itu sendiri.

Parahnya, informasi tersebut hingga kini terus terjadi, terbukti saat ada survei mengenai "Apa yang ingin kamu ketahui tentang tambang?" dalam acara Mining for Life 19 Januari 2019 lalu. Dari beberapa pertanyaan yang diajukan, yang paling ingin diketahui pengunjung adalah dampak lingkungan dari penambangan.

Hasil Survei Tetap Mengejutkan (Foto Alee)
Hasil Survei Tetap Mengejutkan (Foto Alee)
Supaya apa yang dialami saya dan teman-teman tidak terus berlanjut, Indonesia Mining Association (IMA) menggelar acara Mining for Life tersebut di pelataran Museum Geologi Bandung, Jl. Diponegoro No.57 Bandung.

Dari Sendok Hingga BBM

Selama ini hasil tambang yang sering kita dengar dan gunakan, apa lagi kalau bukan Bahan Bakar Minyak (BBM), padahal jika kita mau tengok sebentar saja di dalam rumah, banyak sekali barang yang berasal dari bahan hasil tambang.

Ketika kita sedang makan, di depan kita ada sendok dan piring. Kita tidak sadar kalau sendok dibuat dari bahan hasil tambang, bisa dari plastik, perak, tembaga, stenles, baja yang kadang dilapisi emas atau (ini biasanya buat koleksi).

Piring juga sama, ada yang terbuat dari plastik, perak, tembaga yang juga kadang berlapis emas. Belum lagi dengan peralatan masak yang ada di dapur, peralatan rumah tangga seperti televisi, lemari, kulkas, meja kursi, jam tangan yang kita pakai, handphone, laptop, komputer, motor, mobil, perhiasan, dan barang-barang lainnya, semua berasal dari bahan hasil tambang.

Kursi Juga Berlapis dari Bahan Hasil Tambang (Foto Alee)
Kursi Juga Berlapis dari Bahan Hasil Tambang (Foto Alee)
Selain itu, manfaat tambang dalam kehidupan sehari-hari juga dapat diamati secara mudah dari produk mineral tembaga yang dimanfaatkan sebagai bahan dasar terbaik penghantar listrik (konduktor), produk batu bara yang dimanfaatkan sebagai bahan bakar pembangkit listrik, aluminium untuk industri packaging, besi dan baja untuk industri infrastruktur, nikel sebagai bahan baterai isi ulang, termasuk emas dan perak, hingga minyak bumi yang merupakan bahan utama penghasil bahan bakar premium, minyak tanah, juga aspal sebagai produk turunannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN