Mohon tunggu...
Achmad Menulis
Achmad Menulis Mohon Tunggu... Teknisi - Khayalan tentang Jakarta

Berharap Jakarta dan Indonesia yang Lebih Baik

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

LTE 4G Core Diary Part 3

17 Mei 2021   04:27 Diperbarui: 2 Juli 2021   21:52 414
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Illustration designed by dynamicx.co.nz

LTE 4G Core diary part 3

Dear LTE my diary,

Saya punya sepeda. Setelah saya mengecek rodanya baik baik saja, saya mulai menaiki sadel sepeda dan meliuk liukan setang kiri dan kanan. Berat ternyata karna sepedanya terkunci. Saya pun membuka gembok dengan kunci yang saya punya.

Lalu saya pun kembali meliuk liukan setang kiri ke kanan dan mengenjot sadel ke belakang. Rantai pun ikut berputar. Tapi berat.. Rupanya gigi masih putaran besar. saya pun menyetel gigi sepeda menjadi ringan sambil menghela napas panjang pendek.. tenaga pun ada untuk bersepeda. lalu saya pun memutar pedal sepeda ke depan. rantai ikut berjalan dan roda bergerak ke depan bersamaan.

Maaf ini artikel bukan tentang cara bersepeda tapi ini proses call flow LTE dengan analogi sepeda.

Yuk kita baca kembali ke part sebelumnya.. singkatnya seperti berikut..

Setang adalah MME
Pedal itu PGW
Rantai itu SGW
Roda itu ENB
Gembok itu HSS
Gigi itu PCRF
Nafas itu OCS
kita itu UE

Kalau cerita diawal dicocokan dengan komponen Core networknya maka

Saya punya sepeda
(UE menyalakan handphone)

Setelah saya mengecek rodanya baik baik saja
(Hp mencari sinyal dan berhubungan dengan ENB)  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun