Mohon tunggu...
Alfiyah Rizzy Afdiquni
Alfiyah Rizzy Afdiquni Mohon Tunggu... Freelancer - Research Enthusiast

this girl loves coffee, books, discuss and you

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Excellent Service, Memadukan Antara Perusahaan dan Bimbingan Konseling

20 Oktober 2018   16:21 Diperbarui: 20 Oktober 2018   16:38 288
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Melayani dengan sepenuh hati. Sebuah kalimat yang tak asing di telinga kita. Setiap kali mendengarnya, pasti yang terlintas di benak adalah slogan perusahaan untuk menggaet konsumen. Tak hanya pada perusahaan, Bimbingan dan Konseling (BK) juga memiliki layanan dalam strukturnya. Kendati ranahnya berbeda, baik perusahaan dan BK memiliki excellent service yang sama, yakni pelayanan prima pada kinerjanya. Pada kesempatan kali ini, penulis akan membahas komponen-komponen layanan sebagai syarat tercapainya excellent service pada BK.


1. Pelayanan Dasar.
Pelayanan dasar bertujuan menciptakan konseli yang memahami dirinya serta lingkungannya, mengembangkan keterampilan, dan mampu menangani kebutuhan dan permasalah kehidupannya. Aktifitas pelayanan dasar meliputi: bimbingan klasikal, pelayanan orientasi, pelayanan informasi, bimbingan kelompok, dan pelayanan pengumpulan data.


2. Pelayanan Responsif.
Pelayan responsif adalah pemberian bantuan kepada konseli yang menghadapi masalah dan membutuhkan pertolongan dengan segera, sehingga tidak mengakibatkan gangguan dalam proses pencapaian tugas-tugas perkembangan. Aktifitas pelayanan responsif diantaranya: konseling individual dan kelompok, kolaborasi dengan guru mata pelajaran atau wali kelas, kolaborasi dengan orang tua, kolaborasi dengan stakeholder, konsultasi, dll.


3. Pelayanan Perencanaan Individual.
Perencanaan individual adalah bantuan kepada konseli agar mampu merumuskan dan melakukan aktivitas yang berkaitan dengan perencanaan masa depan berdasarkan pemahaman akan kelebihan dan kekurangan dirinya, serta pemahaman akan peluang dan kesempatan yang tersedia di lingkungannya. Aktifitas pelayanan perencanaan individual ditandai saat konselor menganailisis kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada konseli.


4. Dukungan Sistem.
Pada tulisan saya sebelumnya yang berjudul Stakeholder Tim Sukses Bimbingan dan Konseling, telah tertulis bahwasanya pihak-pihak terkait juga menentukan keberhasilan Bimbingan dan Konseling. Oleh karena itu, dukungan penuh dari pihak-pihak tersebut sangat berpengaruh atas berlangsungnya Bimbingan dan Konseling.


5. Penempatan dan Penyaluran Layanan Bimbingan dan Konseling.
Ketepatan penempatan dan penyaluran layanan BK perlu diperhatikan. Aktifitas konselor dalam ranah ini meliputi penempatan dan penyaluran di dalam kelas, kelompok belajar, jurusan atau program studi, program latihan, magang, kegiatan ekstrakurikuler yang mana disesuaikan dengan potensi, bakat, dan minat, serta kondisi konseli masing-masing.


6. Evaluasi dan Akuntabilitas.
Aktifitas evaluasi diimplementasikan dengan penilaian program, penilaian proses pelaksanaan, dan penilaian hasil pelaksanaan kegiatan pelayanan BK itu sendiri.
Sedangkan pada akuntabilitas ditandai dengan terwujudnya kejelasan program, proses implementasi, dan capaian hasil serta penjelasan mengenai program yang tak dapat terlaksana.

Dengan terlaksananya enam komponen layanan diatas, akan menghantarkan kesuksesan pada Bimbingan dan Konseling. Sama halnya dengan kehebatan sebuah perusahaan dimana memiliki civitas yang profesional, keberhasilan program BK tak akan sekedar impian lagi, jika seluruh komponen layanan dilaksanakan dengan maksimal. Mari pelajari dengan baik, dan implementasikan kelak dengan bijak.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun