Mohon tunggu...
Alfiyah Rizzy Afdiquni
Alfiyah Rizzy Afdiquni Mohon Tunggu... Freelancer - Research Enthusiast

this girl loves coffee, books, discuss and you

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

How to Apply UIN Maliki Malang

11 September 2018   05:50 Diperbarui: 11 September 2018   05:57 245
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Bismillah.. Assalamualaikum Warohmatullah Waborakatuh

Salam sejahtera untuk kita semua,

Pada kesempatan kali ini saya akan share experience saya selama berburu kampus. Perkenalkan nama saya Alfiyah Rizzy Afdiquni, mahasiswi jurusan Pendidikan Bahasa Arab, fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Saya diterima jalur mandiri tulis. Sebelumnya saya gagal di jalur UMPTKIN. Untuk memudahkan, maka akan saya kemas dengan Q&A saja ya.

-Kak, jalur masuk UIN Maliki ada apa saja?

Question ini kembali ke individu masing-masing. UIN itu unique. Walaupun berada dibawah Kementrian Agama tapi disini terdapat juga berbagai jurusan umum. Of course, dipadukan dengan nilai keislaman. Ok, back to the topic, jika yang bersangkutan berminat di jurusan umum, maka jalur yang tersedia adalah SNMPTN, jika belum beruntung ada SBMPTN, jika belum beruntung (lagi) ada Mandiri Tulis. Hal ini tidak jauh beda dengan jurusan keagamaan (seperti saya). Jalur yang pertama adalah SPAN PTKIN, UMPTKIN, dan Mandiri Tulis.

NB: untuk santri yang sedang ditugas atau menganggur 1 tahun maka tidak bisa mengikuti jalur pertama, baik SNMPTN dan SPAN PTKIN.

-Kak, adakah beasiswa?

Beasiswa yang ditawarkan adalah bidikmisi, santri berprestasi dan hafalan Al-Qur'an lewat jalur mandiri berprestasi. For more detail, bisa dicek di web uin maliki (http://pmb.uin-malang.ac.id)  

-Kak, bagaimana tipe soal ujiannya? Adakah tips-tips khusus?

Honestly, sebenarnya saya juga mengalami kesulitan. Sederhana saja, mau belajar dan tetap optimis. Banyak latihan soal. Soal-soal bisa didownload atau menggunakan buku panduan. Biasanya banyak di toko buku kok. Serta, keep focus, jangan takabbur duluan, tetap renda hati, karena yang biasanya terlalu banyak update-in kampus yang dituju malah tidak keterima. Hehe.

NB: Jangan berkecil hati, bagi yang alumni pesantren salaf ataupun lulusan SMA pelosok. Kita punya kelebihan masing-masing. Hwaiting (

-Kak, saya sudah menganggur 2 tahun, apakah masih bisa apply?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun