Mohon tunggu...
Alfira Fembriant
Alfira Fembriant Mohon Tunggu... Lainnya - Instagram : @Alfira_2808

Music Director and Radio Announcer STAR 105.5 FM Pandaan Pasuruan East Java (from 2012 until now) 📻

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Kenapa Penyiar Identik Saat Siaran Memakai Headphone?

2 November 2023   16:14 Diperbarui: 2 November 2023   16:20 214
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri - Alfira Fembriant

Apakah kamu pernah melihat secara langsung penyiar radio siaran di studio, atau sekedar melihat postingan para penyiar radio di media sosial tentang rutinitas mereka yang sedang siaran radio?

Yang jelas tiap kita melihat secara langsung atau melihat postingan para penyiar di media sosial, mereka itu identik saat siaran memakai headphone.

Lantas, kenapa penyiar selalu memakai headphone saat siaran?

Apakah boleh tidak memakai headphone saat siaran?

Mari kita ulas"

Jadi memang benar jika penyiar radio itu identik saat siaran menggunakan headphone. Hal itu disebabkan kebutuhan teknis saat siaran radio tersebut.

Teknis yang dimaksud adalah mengenai standar siaran yang membuat penyiar diwajibkan mengenakan headphone yang telah dipersiapkan guna memastikan suara yang timbul di radio berjalan sebagaimana mestinya.

Suara yang dimaksud ini berhubungan langsung dengan suara penyiar dan musik yang dimainkan di radio. Ada semacam pengaturan teknis yang diperuntukkan mendeteksi suara yang muncul di radio dan suara yang muncul di headphone sebagai perbedaan.

Perbedaan suara ini disebabkan oleh tombol microphone yang harus posisi aktif saat penyiar mengudara, dan sebaliknya tombol harus nonaktif saat musik dan iklan dimainkan.

Nah, di ruang siaran itu ada speaker yang akan mendeteksi otomatis sesuai tombol microphone pada mixer siaran. Jika tombol microphone aktif, otomatis speakernya mati. Sementara jika tombol microphone nonaktif, speakernya pun otomatis aktif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun