Mohon tunggu...
Alfira Azzahra
Alfira Azzahra Mohon Tunggu... Jurnalis - Instagram : @Alfira_2808

Music Director and Radio Announcer (Magister Management, graduated 2021 @Malang City)

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Kisahku, Penderita Tumor Kista hingga Dinyatakan Sembuh

15 Agustus 2021   01:18 Diperbarui: 23 Agustus 2021   12:00 508 15 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kisahku, Penderita Tumor Kista hingga Dinyatakan Sembuh
Ilustrasi kanker ovarium, kista ovarium (Shutterstock via health.kompas.com)

Telat menstruasi selama 6 bulan. Sakit yang luar biasa di bagian perut bawah juga pinggang, hingga sering pingsan saat hari pertama sampai ketiga menstruasi. 

Kemudian munculnya rasa sakit di bagian perut bawah kanan atau kiri setiap buang air kecil, semacam ada yang mengganjal dalam kandung kemih.

Itu lah beberapa tanda yang saya alami, hingga saya mengetahui diagnosa dokter, yaitu menderita tumor kista pada tahun 2013 lalu. Dan akhirnya saya pun menjalani pengangkatan penyakit tersebut lewat bedah atau jalur operasi.

***

Pertama kali saya mengalami menstruasi di usia remaja, yaitu 2007 lalu. Awalnya normal seperti perempuan pada umumnya yang kedatangan tamu bulanan tersebut dengan lancar dan sesuai prediksi tanggal yang sama, juga tidak terlalu merasakan sakit berlebihan saat menstruasi tiba.

Namun, saya merasakan suatu hal yang berbeda atau sakit luar biasa ketika sedang datang bulan, juga saat hendak buang air kecil, yaitu mulai tahun 2009. 

Saya pun tidak menyadari betul apa yang sedang terjadi pada diri saya saat remaja tersebut. Yang jelas setelah tahun tersebut, tanggal menstruasi saya menjadi tidak normal atau tidak datang tiap bulan. Melainkan menstruasinya datang antara dua bulan sekali, tiga bulan sekali, empat bulan sekali, bahkan pernah sampai enam bulan sekali.

Telat menstruasi tersebut fasenya bertahap dari tiap tahun. Hingga yang paling lama seperti yang diungkapkan di atas, yaitu pernah telat menstruasi selama enam bulan, itu terjadi pada tahun 2013.

Jikalau perempuan telat menstruasi sampai berbulan-bulan, dicurigai ia sedang hamil. Saya pun melakukan test pack (alat uji kehamilan), tetapi hasilnya selalu negatif.

Kemudian saya mendatangi bidan terdekat di desa saya. Di tempat praktek bidan tersebut, saya di test pack kembali dan hasilnya juga negatif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan