Mohon tunggu...
Alfira Fembriant
Alfira Fembriant Mohon Tunggu... Lainnya - Instagram : @Alfira_2808

Music Director and Radio Announcer STAR 105.5 FM Pandaan Pasuruan East Java (from 2012 until now) 📻

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Tidak Gemar Membaca tetapi Bisa Juara Kelas, Ini Tips dari Saya

20 Mei 2021   03:57 Diperbarui: 20 Mei 2021   04:28 509
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi belajar di kelas from Freepik

Terkadang saya bingung, saya yang tidak gemar membaca, tetapi bisa juara kelas. Saya juga tidak pernah belajar menjelang ujian sekolah atau perkuliahan, tetapi lulus dengan predikat Pujian (Cum Laude).

Beberapa di antara anda mungkin tidak percaya, menghayal, atau omong kosong. Tetapi bukan hanya anda, saya saja tidak percaya. Tapi baca juga di sini, saya sempat melampirkan ijazah perguruan tinggi saya dulu yang lulus dengan predikat tersebut.

Jikalau ini kebetulan atau keberuntungan, tetapi terjadi berulang kali yang membuat saya menyimpulkan ini bukan kebetulan yang membuat saya mendapatkan predikat juara bahkan beasiswa semasa sekolah. 

Juara kelas bagi sebagian orang masih menjadi idaman. Ada yang sampai belajar terus menerus, les privat di rumah, tidak pacaran semasa menempuh pendidikan, dan lain-lain. Sedangkan saya sebaliknya dari itu.

Saya pun tidak selalu juara kelas, tetapi dari SD, SMP, SMA, S1, S2, sering kali nama saya disebut tiga besar dalam pengambilan rapor atau pembagian KHS.

Hingga pada akhirnya saya menyadari bahwa kunci utamanya adalah kita wajib paham mata pelajaran/kuliah itu di luar kepala, bukan hanya hafal teori yang ada di buku belaka.

Berikut beberapa tips sederhana menjadi juara kelas ala saya yang tidak gemar membaca:

* KNOWLEDGE

1. Serius mendengarkan penjelasan dari guru atau dosen di kelas

Hal utama yang saya lakukan karena malas membaca adalah serius mendengarkan penjelasan dari guru/dosen di kelas. Karena menurut saya yang penting adalah paham dan mengerti yang dimaksud dalam setiap  mata pelajaran/kuliah yang diajarkan.

2. Jangan malu bertanya (Aktif di kelas)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun