Mohon tunggu...
Alfiena Sahriya
Alfiena Sahriya Mohon Tunggu... Mahasiwa

Mahasiswa IAIN Jember

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Pendidikan Demi Kemajuan Bangsa

26 Desember 2019   11:20 Diperbarui: 26 Desember 2019   15:13 241 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pendidikan Demi Kemajuan Bangsa
akupintar.id

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari banyak nya pulau dan keanekaragaman budaya dan ciri khas yang sudah menjadi identik Indonesia itu sendiri. Tidak hanya hayati, budaya serta struktur sosial juga tidak luput dari para pemerhati. Hal ini dikarenakan dipacu oleh letak demografis dan geografis yang menjadikan negara Indonesia adalah negara kepulauan, dari hal ini pastinya di negara Indonesia akan muncul kekurangan dan kelebihan.

Dan juga keterbatasan  dalam pengelolaan negara membuat kelebihan yang dimiliki oleh negeri ini tertutupi oleh kekurangan. Namun, hal ini tidak akan lagi tidak akan menjadi halangan lagi, apabila elemen-elemen masyarakat yang ada di negeri ini mau untuk sama-sama berbenah demi terciptanya kemajuan Indonesia . Dan salah satu yang harus dibenahi di Indonesia adalah sistem pendidikan yang ada di Indonesia.

Pendidikan merupakan suatu unsur penting dalam kemajuan suatu bangsa dan negara. Tidak lepas dari itu pendidikan juga sebagai pintu gerbang bagi para penerus bangsa, demi memperoleh berbagai ilmu dan pengetahuan, demi tercapainya tujuan yang mereka inginkan terutama cita-cita mereka. Bahkan dimanapun berada pendidikan pastinya menjadi tolak ukur kualitas para penerus bangsa bahkan suatu negara. Bagaimana jika penerus bangsa tidak berpendidikan sesuai dengan aturan yang ada? Pastinya kemajuan yang diinginkan oleh negara Indonesia tidak sesuai yang di harapkan.

Tetapi pada kenyataannya, kemajuan yang Indonesia cita-citakan selalu ada hambatan, dikarenakan pendidikan yang ada di Indonesia tidak tersebar merata. Padahal pendidikan yang tersebar merata dapat menciptakan suatu kontribusi yang luar biasa bagi negara Indonesia. Berbicara suatu penerus bangsa tidak luput dari yang namanya manusia atau SDM (Sumber Daya Manusia), jika sumber daya manusianya tidak memiliki pendidikan yang layak bagaimana negara ini akan maju.

Hambatan yang lain yaitu kesenjangan sosial yang terjadi di dunia pendidikan di Indonesia. Salah satunya adalah perbedaan antara fasilitas penunjang pendidikan di pusat kota dan daerah. Masalah ini tidak cukup sering terlihat dimanapun pendidikan di Indonesia. Padahal fasilitas pendidikan adalah faktor penunjang terlaksananya pendidikan di indonesia. Dengan terpenuhinya fasilitas pastinya pendidikan di Indonesia dapat mencetak generasi-generasi yang bermutu dan yang diharapkan oleh negeri ini.

Dan juga kesejahteraan para tenaga pengajar juga kurang diperhatikan oleh pemerintah apalagi tenaga pengajar yang berada di pedalaman daerah yang mungkin bisa dikatakan susahnya akses segala kehidupan. Apalagi tidak sedikit anak yang putus sekolah bahkan tidak sekolah dikarenakan biaya sekolah yang mahal yang dikarenakan sulitnya perekonomian mereka.

Dan masih banyak permasalahan pendidikan di Indonesia seperti, rendahnya kualitas sarana pendidikan, rendahnya kualitas guru, rendahnya kesejahteraan guru, rendahnya prestasi siswa, rendahnya kesempatan pemerataan pendidikan, rendahnya relevansi pendidikan dengan kebutuhan, dan mahal nya biaya pendidikan.

Padahal dari banyak nya hambatan dan permasalahan pada pendidikan di Indonesia ini. Indonesia memiliki banyak permata di seluruh pelosok negeri. Penerus bangsa yang memiliki semangat belajar yang tinggi. Mereka yang memiliki kecerdasan, harus tertutupi oleh ketidakpercayaan diri mereka bahwa mereka sebenarnya mampu dalam memajukan negeri ini. Sayangnya hal ini, harus samar tertutupi oleh mahal nya pendidikan di Indonesia dan tidak seimbang fasilitas dan tenaga pendidik yang ada.

Seharusnya dengan kemajuan teknologi saat ini, pendidikan juga dapat diimbangi sistem, fasilitas dan sarana yang sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Sayang jika permata yang Indonesia punyai terbuang sia-sia dan tidak di manfaatkan  demi kemajuan bangsa. Dengan adanya penerus bangsa ini seharusnya Indonesia harus lebih melihat dan peduli demi terciptanya generasi muda yang berjiwa kesatuan Republik Indonesia.

Harapan saya untuk Indonesia kedepan, Indonesia memberikan asupan pendidikan yang setara dan merata di segala penjuru daerah bahkan pelosok negeri. Dan memberikan fasilitas dan sarana yang tidak  di beda-bedakan antara pusat kota dan daerah. Dapat memberikan keringanan dalam pendidikan karena perekonomian masing-masing masyarakat di Indonesia berbeda-beda.

Sehingga anak-anak di negeri ini dapat mengenyam pendidikan yang setinggi-tingginya tanpa harus memikirkan biaya, agar nantinya ilmu yang mereka dapatkan menjadi bekal untuk menjadikan hidupnya menjadi lebih baik dan demi kemajuan bangsa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x